Pemadaman Kebakaran Lahan Di Lapang Baru 50 Persen

- Aceh
  • Bagikan
Pemadaman Kebakaran Lahan Di Lapang Baru 50 Persen
Kebakaran Lahan seluas 1,3 hektar di Gampong (desa) Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, masih 50 persen dapat dipadamkan, Selasa (13/2). (Waspada/Ist)

ACEH BARAT (Waspada): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengupdate informasi kebakaran lahan di Gampong (desa) Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, yang terjadi Senin (12/2) lalu.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBA, Ilyas mengatakan pada hari kedua penanganan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Gampong Lapang hingga Selasa (13/2) sore, api dan asap sudah semakin mengecil.

“Untuk sore ini sudah dapat di kendalikan lebih kurang 50 persen,” sebut Ilyas seraya menambahkan pemadaman untuk sore ini sudah dihentikan sementara, besok pagi akan di lanjut kembali pemadaman.

Kalaksa BPBA juga mengupdate luas lahan yang terbakar di kawasan Gampong Lapang diperkirakan mencapai 1,3 hektar. Sebelumnya luas lahan yang terbakar itu diperiksa sekitar satu hektar. Sementara kronologis kejadian kebakaran lahan tersebut juga masih dalam penyelidikan.

Pemadaman Kebakaran Lahan Di Lapang Baru 50 Persen

Sebagaimana diberitakan sebelumnya telah terjadi kebakaran lahan seluas satu hektar di Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Senin (12/2) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kalaksa BPBA Ilyas, petugas BPBD Aceh Barat telah berupaya melakukan penanganan pemadaman dengan mengerahkan masing-masing satu unit armada Damkar, satu unit mobil patroli, satu unit mobil pick up, satu unit mesin kohler satu mesin Robin apung dan beberapa selang.

Kondisi terakhir, api sudah dapat di kendalikan, dan api sudah mulai mengecil dan asap sedikit masih membesar. “Untuk sore ini sudah dapat di padamkan lebih kurang 30 persen,” ungkap Ilyas.

Dalam penanganan pemadaman karhutla di Gampong Lapang tersebut, sebagaimana dilaporkan Media Center BPBA, melibatkan petugas Damkar Induk BPBD Aceh Barat, personel Polsek dan Koramil Johan Pahlawan, KPH IV Aceh dan masyarakat sekitar. (b05)

  • Bagikan