Pemilu 2024, Pj Bupati Pidie Instruksikan Satlinmas Jaga Netralitas

- Aceh
  • Bagikan
Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto saat berbicara pada acara penyerahan rincian Pagu Dana Gampong (desa) Tahun Anggaran (TA) 2024 dan penyerahan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Versi 2.0.6 TA. 2024 di Oproom Setdakab Pidie Senin, ( 8/1). Waspada/Muhammad Riza
Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto saat berbicara pada acara penyerahan rincian Pagu Dana Gampong (desa) Tahun Anggaran (TA) 2024 dan penyerahan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Versi 2.0.6 TA. 2024 di Oproom Setdakab Pidie Senin, ( 8/1). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Pj Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto M.Si, menginstruksikan kepada Satuan Pengamanan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di daerah itu untuk menjaga netralitas menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Begitupun, orang nomor satu di daerah berjuluk Pang Ulee Buet Ibadat, Pang Ulee Hareukat Meugoe, itu juga mengingatkan anggota Satlinmas yang tersebar di 730 gampong (desa) di Kabupaten Pidie, dapat selalu menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing selama proses Pemilu berlangsung. Hal ini kata dia penting karena Satlinmas merupakan ujung tombak penamanan di setiap gampong.

“Agar proses pengamanan berlangsung sukses siapkan fisik dan mental saat pengamanan Pemilu tahun 2024 di gampong (desa) masing-masing. Ini penting, karena gampong merupakan struktur terkecil dalam pembangunan pemerintahan apalagi seorang Keuchik punya peran besar dalam pembangunan sebuah gampong di Kabupaten Pidie yang memiliki sebanyak 730 gampong” tegasnya.

Hal ini disampaikan Wahyudi Adisiswanto pada acara penyerahan rincian Pagu Dana Gampong (desa) Tahun Anggaran (TA) 2024 dan penyerahan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKUEDES) Versi 2.0.6 TA. 2024 di Oproom Setdakab Pidie Senin, ( 8/1).

Dalam kesempatan itu, Wahyudi Adisiswanto mengatakan Pagu Dana Gampong, Kabupaten Pidie tahun 2024 senilai Rp521.604.102.000. Gampong Mane, Kecamatan Mane tertinggi memperoleh pagu dengan nilai Rp2.019.830.000, sedangkan pagu terendah diperoleh Gampong Pulo Baro, Kecamatan Keumala senilai Rp540.282.000.

Dia mengungkapkan bahwa perencanaan penggunaan dana gampong merupakan bagian dari mekanisme perencanaan gampong. Mulai dari penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG), Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) dan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG). Wahyudi menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dibiayai dana gampong harus menjadi bagian dari RPJMG, RKPG, APBG.

Perencanaan gampong dilaksanakan berdasarkan kewenangan gampong yang pengambilan keputusannya harus dilaksanakan melalui musyawarah gampong. Tuha Peut Gampong (TPG), perangkat gampong dan unsur masyarakat menyelenggarakan musyawarah gampong untuk membahas dan menyepakati hal-hal yang bersifat strategis dan berdasarkan kewenangan gampong yang dibiayai dana gampong.

Dalam penyusunan APBG 2024, pemerintah gampong diharapkan menggunakan aplikasi Siskeudes Online. Aplikasi tersebut sesuai dengan hasil MoU Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Kepala BPKP Republik Indonesia, dan diimbau kembali oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia kepada kepala desa di seluruh Indonesia, supaya memahami dan menerapkan aplikasi Siskeudes dalam penyusunan APBG.

“Ada beberapa hal yang sangat penting saya tegaskan dalam pengelolaan dana gampong antara lain. Saya meminta kepada seluruh kepala dinas, badan dan kantor wajib melakukan pendampingan masyarakat gampong secara teknis sesuai tupoksi SKPK masing-masing” katanya.

Kepada para camat, Pj Bupati Pidie itu menginstruksikan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan gampong secara terus menerus melalui fasilitasi sebagaimana tercamtum dalam PP nomor 43 tahun 2014.

Demikian pula, kepada para tenaga pendamping mulai tenaga ahli, pendamping gampong dan pendamping lokal gampong untuk dapat melakukan koordinasi yang maksimal dengan seluruh kepala dinas, badan/kantor serta camat secara terus menerus mendampingi gampong melalui fasilitasi secara melekat dalam membangun dan memberdayakan masyarakat gampong.

Begitu juga kepada para keuchik bersama Tuha Peut Gampong dan imum mukim. Wahyudi Adisiswanto harapkan benar-benar saling bantu membantu dan saling mendukung dalam melaksanakan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di gampong secara berkesinambungan. (b06)

  • Bagikan