Pemilu Sukses Di Aceh Besar

- Aceh
  • Bagikan
Pemilu Sukses Di Aceh Besar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Kapolres Aceh Besar AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, Kajari Aceh Besar Basril G SH MH, KIP Aceh Besar, Panwaslu Aceh Besar, dan unsur OPD terkait saat pengecekan logistik Pemilu tahun 2024 , di kompleks Gudang Logistik KIP Aceh Besar, Jantho Sport City (JSC) Kota Jantho, beberapa waktu lalu. (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Rangkaian proses rekapitulasi suara untuk Pileg dan Pilpres dalam Pemilu 2024 di level kecamatan dalam wilayah Aceh Besar telah tuntas dilakukan. Saat ini logistik Pemilu 2024 dari 23 Kecamatan di Aceh Besar, telah tiba di Kota Jantho, untuk kemudian akan diplenokan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar.

“Alhamdulillah, semua rangkaian Pemilu di level TPS dan Kecamatan dalam wilayah Aceh Besar, berlangsung sesuai ekspektasi dan semuanya dalam kondisi aman dan terkendali. Sangat kondusif,” ujar Muhammad Iswanto, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Minggu (25/2).

Iswanto yang didampingi Kaban Kesbang Aceh Besar, Sofian SH mengatakan, logistik yang telah sampai ke Kota Jantho itu, termasuk yang dari TPS 1 Gampong Teubaluy Kecamatan Darul Kamal, yang mengalami Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (24/2) kemarin.

Menurut Pj Bupati Aceh Besar, suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat di Aceh Besar, tak lepas dari kerja keras semua elemen yang terlibat dalam rangkaian proses Pemilu 2024 di Aceh Besar. Hal itu juga dibuktikan dengan tingkat partisipasi pemilih di Aceh Besar yang mencapai 85 persen, melebihi tingkat nasional yang dipatok pada angka 80 persen.

“Karena itu saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen, mulai dari TPS hingga jajaran KPPS, atas sukses tahapan yang telah dilakukan,” tandas Iswanto.

Seperti diketahui dari jumlah penduduk Aceh Besar sebanyak 414.490 jiwa, yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) 291.793 jiwa yang tersebar di 1264 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari rekapitulasi dan pleno KPPS 23 kecamatan dalam wilayah Aceh Besar.

Dari data rekap yang ada, jumlah warga yang punya hak pilih namun tidak menggunakan hak pilihnya di Aceh Besar mencapai 50 ribu orang. Sebuah angka yang terhitung di bawah rerata nasional untuk persentase pemilih.

Atas keberhasilan dalam rangkian proses Pemilu 2024 di Aceh Besar itu, secara khusus Pj Bupati Muhammad Iswanto juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar termasuk Kapolresta Banda Aceh, yang telah berkontribusi maksimal atas keberhasilan Pemilu 2024 di Aceh Besar.

“Kita benar benar didukung oleh team work yang solid dengan kemauan kerja yang ikhlas dan kuat, hingga rangkaian Pemilu di Aceh Besar berlangsung sukses dan dalam suasana yang sangat kondusiv tanpa ada insiden apapun. Sekali lagi terimakasih dan apresiasi untuk semua jajaran,” kata Iswanto.

Kini setelah logistik Pemilu itu sampai kembali ke KIP Aceh Besar, tinggal menunggu kepastian pelaksanaan Pleno KIP Aceh Besar. Diperkitakan, pleno itu akan dilakukan akhir bulan ini. Karena itu juga menyangkut jadwal final secara nasional. (b05)

  • Bagikan