Pemkab Agara Bantu Tong Sampah Fiber 69 Desa Lokus Stunting

- Aceh
  • Bagikan
Pemkab Agara Bantu Tong Sampah Fiber 69 Desa Lokus Stunting
Pj Bupati Agara Syakir saat menyerahkan bantuan tong sampah fiber terpasang. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) melalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup setempat menyerahkan bantuan tong sampah fiber terpasang sebanyak 230 unit pada 69 desa lokus stunting yang tersebar di 16 kecamatan.

Bantuan tong sampah tersebut yang bersumber dari dana Insentif Fiskal ( DIF) 2023, hari ini mulai disalurkan secara simbolis oleh Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir, M. Si yang diterima masing-masing camat di Lapangan parkir Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Jumat (29/12).

Pj Bupati Syakir didampingi Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Sudirman, Kadis DPPKB Budi Afrizal, Kepala Bappeda Syahroel Desky dan Plt. Kadiskes, dr. Heri Al Hilal mengatakan, bantuan tong sampah tersebut yang diterima oleh camat dan diserahkan kepada pengulu kute (kepala desa) untuk nantinya diletakkan di fasilitas layanan umum seperti masjid, pasar dan tempat perkumpulan masyarakat lainnya.

Pemkab Agara Bantu Tong Sampah Fiber 69 Desa Lokus Stunting

Selanjutnya, Pj Bupati mengatakan, tidak semua daerah memperoleh dana insentif fiskal tersebut, Aceh Tenggara salah satu penerima dana insentif fiskal yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kita guna sebagai langkah penertiban dan penanganan sampah di kecamatan dan desa lokus stunting dengan tujuan lingkungan bersih masyarakat sehat stunting akan berkurang serta untuk memotivasi masyarakat untuk mampu berinovasi dalam membuat tempat sampah nantinya.

“Tong sampah ini akan dibagikan kepada desa lokus stunting dengan jumlah 3 hingga 8 tong sampah per desanya sesuai data prevalensi stunting Kabupaten Aceh Tenggara, dengan tujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan masyarakat di desa lokus stunting. Harapannya penempatan tong sampah ini diletakkan pada lokasi keramaian atau pelayanan umum seperti masjid, pasar dan lain-lainnya,” sebutnya. (cseh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *