SIGLI ( Waspada): Pemerintah Kabupaten Pidie meluncurkan aplikasi Layanan Kepegawaian Mandiri (LKM) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pidie, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Jumat (29/9) mengatakan, aplikasi Layanan Kepegawaian Mandiri (LKM) disediakan dalam rangka memudahkan layanan kepada ASN di Pidie.
Mulyadi Nurdin menjelaskan, pengembangan aplikasi tersebut akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan layanan tugas belajar mandiri, setelah itu akan dikembangkan dengan layanan usul naik pangkat mandiri, selanjutnya layanan pendaftaran pendidikan dan pelatihan secara mandiri dan layanan lainnya.
Menurut Mulyadi Nurdin, layanan kepegawaian mandiri ini akan memudahkan ASN dalam melakukan administrasi kepegawaian, karena ASN bisa mengajukan dokumen dan surat yang diperlukan melalui aplikasi tanpa harus ke kantor.
“Dengan aplikasi layanan kepegawaian mandiri ini ASN tidak perlu lagi datang ke kantor BKPSDM untuk membawa dokumen administrasi kepegawaian, untuk tahap awal disediakan layanan tugas belajar secara mandiri, ASN bisa melakukan secara mandiri dari mana saja atau work from anywhere,” jelas Mulyadi Nurdin.
Mulyadi Nurdin menambahkan, proses pengajuan layanan sangat mudah, ASN tinggal masuk ke link Aplikasi Layanan Kepegawaian Mandiri, lalu mengisi seluruh dokumen yang diminta, kemudian melakukan submit, berkas sudah diterima untuk selanjutnya diverifikasi oleh admin masing-masing SKPK.
Mulyadi Nurdin melanjutkan layanan ini merupakan bagian dari implementasi reformasi birokrasi, E-government dan digital Government di Pidie.
Ia melanjutkan, bahwa hal itu sejalan dengan arahan Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto, agar seluruh SKPK terus meningkatkan layanan bagi seluruh ASN dan masyarakat.
“Layanan kepegawaian mandiri akan memangkas birokrasi, mempermudah layanan, dan mengurangi penggunaan kertas dalam layanan kepegawaian,” pungkas Mulyadi Nurdin.(b06)