Pemko Langsa Raih Penghargaan Adipura

- Aceh
  • Bagikan
Pemko Langsa Raih Penghargaan Adipura

LANGSA (Waspada): Pemerintah Kota (Pemko) Langsa meraih penghargaan Adipura, karena dinilai berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Plt. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa, H. Ade Putra Wijaya Siregar, MM kepada Waspada, Senin (4/3) mengucapkan, Alhamdulillah atas capaian penghargaan Adipura dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Penghargaan Adipura ini merupakan kerja keras semua pihak. Dalam hal ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Langsa, DPRK yang terus mendukung, serta segenap Tim Adipura, ASN dan karyawan DLH yang telah bekerja tanpa mengenal lelah dan waktu, guna menjaga Kota agar tetap bersih dari sampah walau kerja kita masih belum maksimal.

Dikatakan Putra lagi, itu semua tidak terlepas peran penting masyarakat yang telah bekerjasama menjaga kebersihan membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jadwal yang telah ditentukan, sehingga kota kita menjadi bersih.

Menurutnya, Kota Langsa dalam penilaian Adipura tahun 2023 masuk dalam nominasi menerima penghargaan anugerah Adipura. Pemerintah Kota Langsa meraih penghargaan Adipura ke-2, hasil kerja nyata tim DLH dalam mengelola kebersihan dan lingkungan.

“Adapun, informasinya yang kami dapatkan Aceh yang mendapat penghargaan anugerah Adipura tahun 2023, Kota Banda Aceh dan Kabupaten Nagan Raya, untuk masing-masing kategori belum diketahui,” jelasnya.

Dalam upaya memperoleh penghargaan Adipura Pemko Langsa melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengolahan sampah rumah tangga diangkut langsung oleh armada kebersihan yang telah disiapkan masing-masing gampong.

“Instrumen pengelolaan lingkungan dengan membatasi penggunaan plastik kemasan
sekali pakai dan styrofoam, kebijakan itu dituangkan ke dalam regulasi Perwal tentang Pengelolaan Sampah,” ujar Putra.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) telah menerapkan metode control landfill atau sistem pengolahan sampah dengan cara dipadatkan pada lokasi cekung, lalu ditimbun dengan tanah, guna meminimalkan dampak lingkungan.

Cara ini kita lakukan melihat keberhasilan yang telah diterapkan pada Kota besar, meski Kota Langsa masuk dalam kategori Kota kecil, tetapi dalam hal pengolahan sampah kita menggunakan metode control landfil, jelas Putra lagi.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama menjaga kebersihan, membuang sampah rumah tangga di gampong masing-masing, dan membuang sampah pada jadwalnya di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), agar Kota Langsa senantiasa menjadi bersih dari penumpukan sampah.

Pemko Langsa mendapat undangan penyerahan penghargaan piala Adipura di
Jakarta pada Selasa, 05 Maret 2024 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat.

“Berdasarkan undangan yang kami terima, dimana piala Adipura akan diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin dan diterima Pj. Wali Kota Langsa, Syaridin, SPd. MPd,” imbuh H. Ade Putra Wijaya Siregar. (b24)

Teks Foto:
Plt. Kadis Lingkungan Hidup, H. Ade Putra Wijaya, MM

  • Bagikan