Penampakan Harimau Ancam Warga

  • Bagikan
HARIMAU: Satu individu harimau sumatera diabadikan warga saat menampakkan diri di pinggir jalan Peunaron – Lokop, Aceh Timur, Senin (21/8). Waspada/Ist.
HARIMAU: Satu individu harimau sumatera diabadikan warga saat menampakkan diri di pinggir jalan Peunaron – Lokop, Aceh Timur, Senin (21/8). Waspada/Ist.

IDI (Waspada): Satu individu harimau sumatera dewasa terlihat di Jalan Lintas Provinsi di kawasan perbatasan Lokop – Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, menjadi perhatian pengguna jalan. Bahkan, penampakan satwa dilindungi itu sempat viral di media sosial (medsos).

Salah seorang warga yang kebetulan melintas dengan menggunakan roda empat sempat mengabadikan momen langka itu, Senin (21/8). Rekaman berdurasi 26 detik menjadi viral saat diunggah akun tiktok @Yusmiadi SE. Penampakan harimau sumatera dinilai menjadi ancaman warga dan pengguna jalan.

Dalam video tersebut terlihat satu individu harimau sedang beristirahat di pinggir jalan. Ketika diabadikan dengan kamera handphone (HP), harimau sumatera itu sempat mengeluarkan auman sangarnya. Tak lama kemudian, harimau tersebut kembali masuk ke hutan dan menghilang di semak-semak.

“Lebih baik diviralkan keberadaan harimau ini, sehingga warga sekitar dan pengguna jalan lebih hati-hati ketika melintasi jalan Lokop – Peunarun, apalagi malam hari,” kata Syarif, tokoh pemuda Lokop, kepada Waspada, Kamis (24/8).

Pihaknya berharap instansi terkait turun ke lokasi untuk melakukan pengusiran, sehingga harimau sumatera tidak menghantui penduduk sekitar, apalagi penampakan serupa bukan pertama kali sepanjang jalan lintas Peureulak – Lokop hingga tembus ke Pinding.

“Mudah-mudahan harimau ini segera menjauh dari pemukiman penduduk dan jalan lintas ini, sehingga aktivitas penduduk kembali normal dan tidak khawatir dengan anak-anak sekolah yang saban hari melintasi jalan induk penghubung antara kabupaten di pantai timur Aceh ini,” pungkas Syarif.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Kamaruzzaman, dikonfirmasi Waspada, mengakui adanya video yang memperlihatkan satu individu harimau sumatera di pinggir jalan lintas Peureulak – Pinding. Bahkan timnya sudah turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan ke lokasi, termasuk mencari jejak harimau.

“Tim kita masih di lapangan melakukan pengecekan jejak harimau yang menampakkan diri dalam posisi santai di pinggir jalan dan sempat viral setelah direkam salah satu pengguna jalan,” ujar Kamaruzzaman, seraya berharap, warga untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat melukai dan terbunuhnya satwa dilindungi itu. (b11).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *