Pengurus FKG-KKG-MGMP PAI Dilantik

- Aceh
  • Bagikan
Pengurus FKG-KKG-MGMP PAI Dilantik

IDI (Waspada): Pengurus Forum Komunikasi Guru (FKG) TK, Kelompok Kerja Guru (KKG) SD, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP dan SMA/SMK Periode 2024-2027 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh di Aula PPT MAN Insan Cendekia Aceh Timur di Idi, Selasa (9/1).

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Pembinaan Guru PAI yang diisi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Drs H Azhari, diwakili Kepala Bidang PAI, H Khairul Azhar, S.Ag, M.Si, dan Maulid Akbar Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Aceh Timur Tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ikut menerima Tanda Mata dari Dirjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI atas partisipasi dan kontribusi dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI Tahun 2022.

Dalam sambutannya, H.Khairul Azhar,S.Ag,MSi, dalam sambutan mengatakan, momentum tersebut dapat dijadikan ajang silaturahmi antar guru PAI, baik jenjang TK, SD, SMP dan SMA/SMK. “Kami berharap agar pemerintah terus mendata dan membantu penyelenggara PPG dapat lebih maksimal secara merata,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Timur, H Salamina SAg MA dalam sambutannya menitikberatkan apresiasi guru PAI dalam bekerja diseluruh unit sekolah dalam 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. “Alhamdulillah, berkat komunikasi Kakanwil Kemenag Aceh dengan Dinas Pendidikan Aceh, sehingga Pemkab Aceh Timur mendapatkan penghargaan berupa tanda mata dari Dirjen Pendis Kemenag RI,” katanya.

Pengurus FKG-KKG-MGMP PAI Dilantik
Kepala Bidang PAI, H Khairul Azhar, S.Ag, M.Si, didampingi Kakankemenag Aceh Timur H Salamina, M.Ag, dan Kasi PAIS Faisal, menyerahkan penghargaan dari Dirjen Pendis Kemenag RI, ke Staf Ahli Bupati Aceh Timur M Khairurradi, S.Pd, didampingi Kadisdikbud Aceh Timur Saiful Basri, S.Pd, M.Pd, di Aula PPT MAN Insan Cendekia Aceh Timur di Idi, Selasa (9/1). Waspada/H Muhammad Ishak

Pj. Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin M.Si, melalui Staf Ahli Bupati M Khairurradi S.Pd, berharap, seluruh guru PAI yang tergabung dalam FKG, KKG dan MGMP PAI Periode 2024-2027 untuk terus bekerja maksimal dalam mencerdaskan generasi usia sekolah, mulai TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

“Adapun tugas pokok dan fungsi organisasi profesi guru pendidikan agama islam yaitu dapat mengembangkan dan memajukan profesi guru PAI, meningkatkan kompetensi keprofesian guru PAI, menghimpun dan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk berkarya dan berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan profesi guru PAI,” tambah mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan guru PAI yang profesional dalam menjalankan tugas. Tentunya hal tersebut dapat dicapai melalui peningkatan kompetensi, salah satunya lewat program pendidikan profesi guru yang saat ini merupakan program unggulan pemerintah.

“Pemerintah kabupaten Aceh Timur hadir membantu lewat bantuan biaya program pendidikan profesi guru bagi guru Pendidikan Agama Islam di Aceh Timur pada tahun 2021 sebanyak 18 orang dan pada tahun 2022 kita kembali membantu 20 orang untuk mengikuti program pendidikan tersebut,” ujar M Khairurradi.

Untuk bantuan yang diberikan Pemkab Aceh Timur adalah wujud nyata keseriusan pemerintah dalam mendukung perkembangan pendidikan agama Islam pada sekolah umum di daerahnya. “Alhamdulillah peran serta pemerintah Aceh Timur untuk mendukung pendidikan profesi guru tahun 2022 kemarin mendapat apresiasi dari Kemenag RI,” demikian M Khairurradi.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd, M.Pd, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Timur, Ketua MKKS SD, SMP, SMA dan SMK, Ketua MPA Aceh Timur, Ketua K2MI, MTS dan MA, Ketua AGPAII Kabupaten Aceh Timur, Kepala Kankemenag Aceh Timur dan para kasi serta penyelenggara Zahwa serta Kepala MAN IC Aceh Timur, Zulkarnain, S.Pd.I, MA. (b11).

  • Bagikan