Pertamina EP Rantau Field Tanam 600 Bibit Pohon Cemara

- Aceh
  • Bagikan
Pertamina EP Rantau Field Tanam 600 Bibit Pohon Cemara

Pertamina EP Rantau Field bersama pengurus YSLI, mahasiswa dan kelompok sadar wisata melakukan penanaman bibit pohon cemara laut di pantai Ujung Tamiang,Kec Seruway, Kab Aceh Tamiang. (Waspada/Yusri)

ACEH TAMIANG (Waspada) : PT Pertamina EP Rantau Field melakukan penanaman 600 bibit cemara laut di pantai Ujung Tamiang, Kampung Pusung Kapal, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang.

Penanaman tersebut dalam rangka menyemarakkan hari menanam pohon nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSLI), Resort Pengelolaan Hutan Seruway, Pos Angkatan Laut Seruway, mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka (PPM) Unsam Langsa serta unsur masyarakat Pusung Kapal melalui Pemerintah Desa dan Kelompok Sadar Wisata Pusung Kapal.

Field Manager (FM) PT Pertamina EP Rantau Field Edwin Despredi Akbar melalui Comrel dan ID PEP Zona 1, Nurseno Dwi Putranto kepada Wartawan Selasa (5/12) mengatakan, kegiatan penanaman ini untuk penghijauan serta meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

“Kegiatan penanaman 600 bibit pohon cemara laut ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan kesadaran, kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan serta lingkungan melalui penanaman pohon,” ungkap Nurseno.

Ketua Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia, Yusriono menjelaskan, pantai Ujung Tamiang juga merupakan habitat satwa langka endemik tuntong laut (batagur borneonsis) yang juga menjadi tempat ekowisata, riset dan penelitian dan sekaligus tempat penangkaran bagi tuntong laut.

“Kegiatan penanaman ini merupakan upaya kita bersama untuk menjaga keseimbangan ekosistem pantai Ujung Tamiang yang merupakan habitat dan tempat tuntong laut bertelur,”sebut Yusriono seraya berharap kegiatan pelestarian lingkungan ini juga dapat mengkampanyekan kepedulian kepada generasi muda terhadap lingkungan, khususnya penyelamatan satwa langka endemik Aceh Tamiang yaitu tuntong laut beserta ekosistemnya.

Sejalan dengan hal tersebut, perwakilan dari mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Universitas Samudera Langsa yaitu Fatima Baen yang berasal dari Kepulauan Maluku mengatakan, pelibatan mahasiswa PPM dalam kegiatan ini adalah wujud kepedulian anak muda Indonesia terhadap lingkungan.

”Kegiatan penanaman pohon cemara laut merupakan bakti kami generasi muda untuk peduli terhdap kelestarian alam, meningkatkan ekosistem pantai yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan sekitar.” tambah Fatima.(b15).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *