Pesan Ulama, Media Sebagai Edukasi Dalam Pemberitaan Mengawal Pesta Demokrasi

- Aceh
  • Bagikan
Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto didampingi Ketua MPU Ustadz Roesman, Ketua Panwaslih Syamsul Arifin, Anggota Panwaslih Ismail serta mewakili Kodim 0109, saat kegiatan sosialisasi publikasi dan dokumentasi dalam pengawasan tahapan kampanye, Sabtu (10/2/2024). WASPADA/Ariefh.
Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto didampingi Ketua MPU Ustadz Roesman, Ketua Panwaslih Syamsul Arifin, Anggota Panwaslih Ismail serta mewakili Kodim 0109, saat kegiatan sosialisasi publikasi dan dokumentasi dalam pengawasan tahapan kampanye, Sabtu (10/2/2024). WASPADA/Ariefh.

SINGKIL (Waspada): Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Singkil berpesan, agar para insan pers dapat memainkan perannya sebagai kontrol sosial dan mengawal jalannya pesta demokrasi 2024.

Sebab media memiliki peran sebagai penentu, agar terciptanya pesta demokrasi yang aman dan damai, kata Ketua MPU Aceh Singkil Ustad Roesman Hasmy, dalam arahannya, pada kegiatan sosialisasi publikasi dan dokumentasi pada Pengawasan Tahapan Kampanye, yang diselenggarakan Panwaslih Aceh Singkil, Sabtu (10/2/2024).

Sosialisasi kegiatan tahapan kampanye yang dihadiri 20 wartawan ini, turut dihadiri Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto, Kasat Pol PP Ahmad Yani, Sekretaris Bakesbang Pol Linmas Syahril, Camat Singkil serta mewakili Dandim 0109 Singkil, yang berlangsung di Hotel Island Singkil.

Lebih lanjut Roesman menyebutkan, Pers jangan sampai salah dalam memainkan perannya sebagai kontrol sosial. Sehingga masyarakat dengan cepat terpengaruh dengan pemberitaan yang disajikan.

Maka media harus memberitakan informasi yang sebenarnya sebagai edukasi bagi masyarakat dan meminimalisir berita-berita hoax yang belum tentu kebenarannya.

Berikan informasi yang mengedukasi masyarakat, berikan pemahaman sosok pemimpin yang terbaik.

“Tidak ada hujat-menghujat, fitnah dan hindari berita hoax serta hindari permusuhan,” ucapnya.
Kita semua menginginkan calon pemimpin yang baik. Kita semua ingin berbuat baik, maka wujudkan pula dengan cara-cara yang baik, pungkas Ustadz Roesman.

Ketua Panwaslih Aceh Singkil H Syamsul Arifin saat membuka kegiatan mengatakan, bahwa semua tahapan telah berlangsung baik, dan mulai Pukul 00:00 WIB malam ini, telah masuk pada minggu tenang selama tiga hari.

Sehingga memasuki minggu tenang hingga 3 hari kedepan, Panwaslih bersama Satpol PP akan menertibkan semua alat peraga kampanye (APK) yang terpasang.

Disamping itu, peran awak media dalam memberikan informasi kepada masyarakat umum sangat sentral, guna menciptakan pemilu yang baik, jujur dan bermartabat, sebut Syamsul.

Selanjutnya, Kapolres Aceh Singkil, AKBP Suprihatiyanto dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada seluruh wartawan Indonesia, yang diperingati setiap, 9 Februari 2024.

Pelaksanaan Pemilu di Aceh Singkil menunjukkan adanya sedikit tensi memanas, menjelang hari pencoblosan. Namun hal ini merupakan sebuah dinamika dalam berdemokrasi.

Katanya, media menitik beratkan kepada 4 peran untuk masyarakat. Yakni sebagai media informasi, kontrol sosial, hiburan dan pendidikan.

Dengan memberikan informasi membuat keramaian, hiburan kepada masyarakat, pers juga mampu meredam keadaan sebagai edukasi masyarakat.

Sehingga dengan adanya informasi yang masih sekedar isu atau yang betolak belakang dengan kebenaran, maka media berkewajiban untuk meluruskan, untuk memberikan informasi yang berdasarkan fakta.

“Kasian masyarakat yang mendapat informasi tidak benar,” ucap Kapolres

Kepolisian, Pemerintah dan Pers, akan bekerjasama dengan profesional melaksanakan fungsi masing-masing dan saling bersinergi untuk sama-sama mengawal jalannya pesta demokrasi dengan baik dan santun, ucap Kapolres. (B25)

  • Bagikan