Peserta Pelatihan Kriya Kasab Aceh Besar Hasilkan Karya Layak Pasar

- Aceh
  • Bagikan
Peserta Pelatihan Kriya Kasab Aceh Besar Hasilkan Karya Layak Pasar
Koordinator Sekretariat Bidang Organisasi Dekranasda M Ali bersama Ketua FPLKP Aceh Syahrir Kiram SE dan Plt Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma SY saat meninjau hasil karya peserta Kriya Kasab di Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (10/12). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Setelah memperoleh pelatihan selama satu bulan lebih atau 34 hari, peserta pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) kejuruan Kriya Kasab Aceh Besar, kini mampu menghasilkan karya yang layak pasar atau layak untuk dipasarkan.

Pelatihan Kriya Kasab itu diikuti 50 remaja dan pemudi, dilaksanakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Aceh Besar, bekerjasama dengan Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (FPLKP) Aceh, yang didukung oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Dirjend Pendidikan Vokasi Kemendikbud Risetdikti Republik Indonesia.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Aceh Besar Cut Rezky Handayani yang diwakili Koordinator Sekretariat Bidang Organisasi Dekranasda M Ali secara resmi menutup program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) Kejuruan Kriya Kasab di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingi Jaya, Minggu (10/12).

M. Ali yang juga merupakan Asisten II Sekdakab Aceh Besar, melakukan peninjauan hasil karya peserta Kasab yang telah menghasilkan aneka produksi kerajinan sulaman, diantaranya tutup gelas, tudung saji, kipas dan sarung bantal dengan ciri khas motif Aceh Besar.

“Selama 34 hari dilatih oleh instruktur, telah menunjukkan hasil yang luar biasa sebagai permulaan, ini harus terus kita bina dan dampingi karena merek memiliki potensi dan semangat untuk berkreasi,” ujar M Ali.

Sebelumnya dalam sambutan Pj Ketua Dekranasda yang dibacakan M Ali, diharapkan para peserta Kasab ke depan agar tetap menjaga mutu dan kualitas produksi, supaya memiliki daya saing di tengah kompetisi pasar yang makin keras.

Peserta Pelatihan Kriya Kasab Aceh Besar Hasilkan Karya Layak Pasar
Plt Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma ST mengapresiasi peserta terbaik Kriya Kasab di Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (10/12). (Waspada/Ist)

“Selain itu, peserta juga harus meningkatkan soft skill, perilaku dan budaya komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, agar mampu terjalin kerjasama, hingga nantinya juga bisa mandiri,” harap Pj Ketua Dekranasda Aceh Besar dalam sambutan tertulisnya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Enni Zusniati SE mengatakan, peserta pelatihan selanjutnya diberikan fasilitas permodalan peralatan dan bahan baku usaha untuk mengembangkan Wirausaha Kriya Kasab. Mereka akan terus dibina dan didampingi, agar mampu menghasilkan produk bermutu hingga pengurusan Hak Atas Kekayaan Intelektual (Haki).

“Peserta akan difasilitasi permodalan peralatan dan bahan baku usaha, untuk mengembangkan wirausaha kriya kasab, setelah ini Dekranasda juga akan terus membina dan mendampingi, memverifikasi mutu agar dapat menghasilkan produk berkualitas, mempromosikan hingga pengurusan Hak Atas Kekayaan Intelektual (Haki),” ujarnya.

Enni juga mengatakan, Dekranasda telah memberikan penilaian terhadap partisipasi peserta baik secara personal yang telah menghasilkan produksi yang baik, dan juga secara kelompok yang telah bekerjasama dan kompak dalam mengikuti pelatihan, sehingga juga diberikan penghargaan.

“Untuk itu, Ibu Pj Ketua Dekranasda Aceh Besar juga memberikan penghargaan kepada mereka, antara lain peserta terbaik dan kelompok terbaik, sebagai bentuk apresiasi semoga dapat mengispirasi teman-teman lain,” katanya.

Ketua Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (FPLKP) Aceh Syahrir Kiram SE, yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengaku bangga atas bimbingan pra instruktur dalam waktu yang singkat dapat menghasilkan karya yang indah. “Maka kemudian jika ini diteruskan produksi secara rutin, maka dapat dijalin kerjasama dengan beberapa showroon penjualan seperti tata rias pengantin, tata busana maupun rias bunga,” pungkasnya.(b05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *