Pj Bupati Agara Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Alam

- Aceh
  • Bagikan
Pj Bupati Agara, Syakir Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Alam . Waspada/Ist
Pj Bupati Agara, Syakir Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Alam . Waspada/Ist

KUTACANE (Waspada): Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir. M.Si memimpin rapat koordinasi penanganan bencana alam di Ruang Rapat Bupati, Rabu (29/11).

Rapat itu turut dihadiri Forkopimda, Ketua DPRK Agara Denny Febrian Roza, Dandim 0108 Letkol. Inf. Mohammad. Sujoko, Kapolres AKBP R. Doni. Sumarsono, Perwakilan Kajari, Perwakilan MPU, Ketua MAA Thalib Akbar, Plt. Sekda Yusrizal, Asisten Administrasi Umum Jamanudin, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Riduan.

Juga ikut rapat, Kalaksa BPBD, Nazmi Desky, Plt. Kadis Kesehatan, dr. Heri Al Hilal, Kadis Pertanian, Riskan, Kadis Perkim, Mohd. Asbi, Direktur PDAM Tirta Agara, Edi Sabara, Ka.ULP PLN Kutacane Iskandar, Direktur RSU H. Sahudin Kutacane, Bukhari, Kepala Bank Aceh, Doni Rachman, Kadis Pendidikan, Julkifli, Kadis Perhubungan, Jamrin Desky, Kadis Pangan Fitriaty, Kadis Sosial, Bahagiawati, Kadis PUPR Sadli Desky, Kadis Kominfo, Zul Fahmy.

Pj. Bupati Agara, Syakir mengatakan bahwa sudah mengusulkan status bencana darurat Provinsi dan saat ini masih dalam kajian tim provinsi karena ada 7 Kabupaten/kota mengalami bencana banjir yang sudah layak di jadikan status bencana provinsi.

“Kita harus saling bahu membahu dan membantu, pemerintah sudah berusaha dalam menangani bencana banjir ini, kita harus bisa merubah mindset masyarakat untuk berpikir positif dan partisipatif ” ujar Syakir.

Dalam rapat ini ada beberapa pengarahan dan penekanan disampaikan Pj. Bupati Agara antara lain :

  1. SK Komando Penanganan Bencana yang sudah ada dan perlu sempurnakan dan diefektifkan.
  2. Penanganan bencana tidak bertumpuk pada satu atau dua titik tetapi secara proporsional sesuai dengan dampak yang ditimbulkan.
  3. Pastikan masyarakat yang terdampak terlayani dan harus ada satu pusat informasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Setelah mendapat masukan dan saran dari Unsur Forkopimda, Diakhir Pj.Bupati menyampaikan beberapa pengarahannya, Syakir menjelaskan bahwa Rakor ini menjadi penting untuk menginventarisir berbagai permasalahan dalam penanganan banjir dan nantinya agar dibuat rapat tematik yang bersifat teknis oleh Plt. Sekda dan OPD serta instansi terkait untuk mengurai persoalan lebih detail serta sekaligus menguraikan tugas dengan koordinator masing-masing.

Selanjutnya, Pj. Bupati menerangkan bahwa Hari ini Kamis, (30/11) akan kedatangan kunjungan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini beserta rombongan untuk melihat korban banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara. “Kita menyambut baik dan apresiasi serta terimakasih kepada Bu Mensos yang langsung mengunjungi daerah bencana dan sekaligus menyerahkan bantuan,” pungkasnya.(cseh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *