Pj Sekda Agara Buka Musrenbang RKPK 2025 Tingkat Kecamatan

- Aceh
  • Bagikan
Pj Sekda Agara Buka Musrenbang RKPK 2025 Tingkat Kecamatan

Usai Musrenbang, Pj Sekda Yusrizal mereka foto bersama. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Pj Sekretaris Daerah Yusrizal, ST mewakili Pj Bupati Agara membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Aceh Tenggara Tahun 2025 tingkat Kecamatan, di Kantor Camat Babussalam, Selasa (5/3).

Musrenbang RKPK Tahun 2025 tingkat Kecamatan yang digelar di Kantor Camat Babussalam dihadiri oleh Kepala BKPSDM Masudin, Kadis Syariat Islam M. Iqbal Selian, Kalaksa BPBD Nazmi Desky, Kadis Pariwisata Bakri Saputra, Kabag Pemerintahan Ardian Busra, Camat Babusalam Supardi, Para Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat.

Pj. Sekda Yusrizal menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Pj. Bupati Drs. Syakir M.Si sebab diwaktu bersamaan harus mengikuti Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2024 yang digelar di Bali yang direncanakan juga ada pengarahan dari Bapak Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, Yusrizal mengingatkan pada RKPK Tahun 2025, Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara berkomitmen untuk melaksanakan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

“Tidak ada perencanaan yang dianggarkan tanpa ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK). Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk memverifikasi setiap usulan prioritas kute yang dibahas dalam Musrenbang RKPK Tahun 2025 Tingkat Kecamatan,” kata Yusrizal.

Lanjut Yusrizal, Musrenbang RKPK Tahun 2025 tingkat Kecamatan diadakan sebagai ruang penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan atas usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang sudah melalui tahap pembahasan pada Musyawarah Dusun, Musrenbang Desa, dan kini sampai pada tingkat kecamatan. Seluruh usulan prioritas harus diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Sementara itu, Camat Babussalam Supardi menjelaskan, terdapat 17 usulan prioritas yang menjadi pembahasan pada Musrenbang RKPK Tahun 2025 Tingkat Kecamatan. Tiga Program usulan prioritas di antaranya adalah usulan pembuatan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah, pencegahan dan rehabilitasi narkoba, serta pencegahan dan penurunan prevalensi stunting.

“Sebagaimana yang diinstruksikan Pimpinan Daerah, kami akan memverifikasi dan mengawal setiap usulan. Dari 15 kegiatan yang diusulkan setelah dilakukan verifikasi dan mencermati masukan serta usulan tambahan dari peserta Musrenbang, maka usulan Prioritas bertambah menjadi 17 Kegiatan di Kecamatan Babussalam,” kata Supardi.

Musrenbang RKPK Tahun 2025 Tingkat Kecamatan dilaksanakan secara serentak dan bertahap terhitung sejak tanggal 5 hingga 8 Maret 2024 bertempat di kantor camat. Seperti halnya Selasa (5/3) Musrenbang RKPK Tahun 2025 digelar serentak di Kecamatan Babussalam, Badar, Lawe Sumur, dan Babul Rahmah.

Sedangkan Rabu (6/3) akan digelar di Kecamatan Darul Hasanah Babul Makmur, Semadam, dan Lawe Alas. Pada Kamis (7/3) digelar di Kecamatan Ketambe, Lawe Bulan, Bambel, dan Tanoh Alas. Terakhir di Jumat (8/3) akan digelar di Kecamatan Bukit Tusam, Lawe Sigala-Gala, Deleng Pokhkisen, dan Leuser.(cseh)

  • Bagikan