Pj Sekda Agara Ingatkan Camat Kawal Usulan Prioritas Hingga Penetapan RKPK 2025

- Aceh
  • Bagikan
Pj Sekda Agara Ingatkan Camat Kawal Usulan Prioritas Hingga Penetapan RKPK 2025

Pj Sekda Agara saat menyampaikan sambutannya. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Pj Sekda Aceh Tenggara ingatkan Camat kawal usulan prioritas hingga penetapan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Tahun 2025.

Untuk itu, para camat diminta membentuk dan menunjuk tim delegasi kecamatan mengawal usulan prioritas tersebut, kata Pj Sekda Aceh Tenggara, Yusrizal ST saat penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Tahun 2025 di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Jumat (8/3).

Lanjutnya, pasca dilaksanakannya Musrenbang RKPK Tahun 2025 selama empat hari di 16 kecamatan, diharapkan kepada camat agar membentuk tim delegasi yang akan mengawal usulan prioritas kecamatan yang telah ditetapkan hingga pelaksanaan Musrenbang RKPK Kabupaten Tahun 2025 tingkat kabupaten.

Hal ini untuk memastikan ditetapkannya usulan prioritas masuk ke dalam RKPK Aceh Tenggara Tahun 2025. Sebab bila tidak tertampung dalam RKPK tidak bisa dianggarakan, selain itu usulan-usulan masyarakat dapat juga diajukan melalui Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRK Aceh Tenggara.

“Setiap usulan harus dikawal hingga Musrenbang Kabupaten. Untuk itu, para camat harus segera membentuk tim delegasi perwakilan yang akan bertugas mengawal usulan yang masuk,” terang Yusrizal pada sambutannya membuka Musrenbang RKPK Tahun 2025 yang digelar di Kecamatan Lawe Sigala-gala itu.

Yusrizal juga menerangkan, usulan prioritas yang telah ditetapkan di Musrenbang Kecamatan menjadi pintu masuk aspirasi masyarakat yang akan menjadi pertimbangan bagi para anggota DPRK Aceh Tenggara Daerah Pemilihan IV untuk menjadikan beberapa usulan prioritas kute menjadi program dan kegiatan pokok pikiran (Pokir) tahun 2025. Untuk itu, Bappeda Aceh Tenggara diminta untuk segera merangkum seluruh usulan prioritas dan melaksanakan tahapan lanjutan, ketusnya.

Sementara itu, Camat Lawe Sigala-Gala Ramadhani menyebutkan dari 18 usulan yang diajukan dari tingkat desa, sebanyak 15 usulan telah ditetapkan sebagai usulan prioritas. Sedangkan dua lainnya diputuskan sebagai usulan kurang prioritas untuk dilaksanakan pada tahun 2025. Dari seluruh usulan prioritas yang ditetapkan, di antaranya perihal kebutuhan masyarakat akan saluran irigasi, jalan usaha tani ke kebun dan lahan pertanian, serta pengadaan bibit kakao sambung pucuk.

“Kecamatan Lawe Sigala-Gala memiliki area lahan pertanian yang luas. Karena itu, dalam usulan yang diajukan oleh pemerintahan desa, fokus kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat atas dukungan pengembangan sektor pertanian,” ungkap Ramadhani.

Sementara dihadiri Anggota DPRK Dapil IV dari Partai Golkar Gabe Martua Tambunan, Danramil Lawe Sigala-gala, Kapolsek Lawe Sigalagala, Perwakilan OPD, dan Pengulu Kute se-Kecamatan Lawe Sigala-gala.(cseh)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *