Pj Wali Kota Minta Baitul Mal Banda Aceh Tingkatkan Penerimaan Zakat

- Aceh
  • Bagikan
Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, saat berbicara di depan Ketua Baitul Mal Kota Banda Aceh dan jajaran serta para Dewan Pengawas, Selasa (20/4) di pendopo wali kota. (Waspada/Zafrullah)
Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, saat berbicara di depan Ketua Baitul Mal Kota Banda Aceh dan jajaran serta para Dewan Pengawas, Selasa (20/4) di pendopo wali kota. (Waspada/Zafrullah)

BANDA ACEH (Waspada): Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, meminta Baitul Mal Banda Aceh agar dapat meningkatkan target penerimaan zakat pada tahun ini.

Permintaan ini disampaikan Amiruddin saat melakukan pertemuan dengan Ketua Baitul Mal Kota Banda Aceh dan jajaran serta para Dewan Pengawas, Selasa (20/4) di pendopo wali kota.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, target penerimaan zakat ditetapkan sebesar Rp22 miliar untuk 2024. Pada tahun sebelumnya, penerimaan zakat hanya mencapai Rp15,5 miliar, dari Rp22 miliar yang ditargetkan.

Untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat, Pj Wali Kota Amiruddin menegaskan perlunya peningkatan yang signifikan dalam penerimaan zakat.

Ia menyampaikan bahwa ini adalah langkah penting untuk memberikan bantuan kepada warga miskin. Ia menekankan pentingnya peran Baitul Mal dan jajarannya dalam menyusun program-program terbaik guna mencapai target tersebut.

Menurut Amiruddin, potensi zakat di Banda Aceh lumayan besar. “Potensi zakat kita lumayan besar. Dengan tercapainya target penerimaan zakat, kita akan memiliki lebih banyak sumber daya untuk membantu warga miskin di Banda Aceh.”

“Kemudian banyak rumah duafa yang bisa dibangun atau direhabilitasi, serta program-program kesejahteraan lainnya yang dapat direalisasikan,” ujarnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Baitul Mal juga diminta untuk terus berinovasi dan membangun kerja sama dengan seluruh elemen untuk mendukung upaya peningkatan penerimaan zakat ini.

Ia pun menginstruksikan Baitul Mal untuk segera menyusun program-program strategis guna mencapai target penerimaan zakat yang ditetapkan. “Dengan upaya bersama dan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, diharapkan target ini dapat tercapai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banda Aceh.”

Dalam kesempatan ini, Ketua Baitul Mal, Suria Darma, juga berkesempatan menyampaikan capaian kinerja pihaknya selama 2023 lalu.

Dari Rp15,5 M zakat yang berhasil dihimpun, Baitul Mal berhasil menjalankan sejumlah program, termasuk membangun dan merehab rumah bagi warga miskin.

“Selain itu, ada juga program lainnya seperti memberikan bantuan modal usaha bagi warga miskin dan melakukan pendampingan agar usaha yang dibangun sukses,” ujarnya.

Bantuan peralatan usaha juga diberikan baitul mal, seperti bantuan toolkit mesin jahit, bantuan usaha untuk teknisi HP, hingga bantuan mesin sepeda motor. “Selama 2023, Baitul Mal berhasil menyalurkan zakat kepada 11.979 mustahik (penerima zakat),” ungkapnya. (b03)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *