Pj Wali Kota Sabang: Masyarakat Sudah Siap Sambut Wisatawan Libur Nataru

Capai 1.600 Orang Per Hari

- Aceh
  • Bagikan
Pj Wali Kota Sabang: Masyarakat Sudah Siap Sambut Wisatawan Libur Nataru
Pj. Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi meninjau lokasi Tugu Kilometer Nol sebagai icon objek wisata Sabang menjelang libur dan tahun baru. (Waspada/TZ)

SABANG (Waspada): Persiapan terus dilakukan Pemerintah Kota Sabang untuk mendukung kelancaran kunjungan wisatawan ke Kota Sabang, menjelang libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menegaskan, Pemerintah, TNI-Polri dan semua pihak telah bekerja maksimal dalam menyambut arus wisatawan pada libur Nataru ini.

“Menghadapi libur natal dan tahun baru, tentu akan ada lonjakan wisatawan atau pengunjung ke Kota Sabang. Secara umum kita sudah siap dan kesimpulannya, kita bagi tugas secara detail, dan tim akan membahas lebih lanjut untuk mematangkan persiapannya,” kata Reza Fahlevi, Sabtu (23/12).

Adapun persiapan dimaksud kata Reza Fahlevi, meliputi kesiapan transportasi, sarana dan prasarana, akomodasi, logistik, air bersih, dan hal-hal pendukung lainnya, agar tercipta kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung nantinya.

Dalam hal ini, Pj Wali Kota Sabang turut melakukan peninjauan langsung ke destinasi wisata favorit wisatawan seperti Kilometer Nol dan Iboih, guna memastikan semua hal berjalan dengan baik.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang, Husaini mengatakan lonjakan wisatawan sudah terlihat mulai kemarin per tanggal 22 Desember 2023.

“Penumpang sudah terjadi peningkatan per tanggal 22 Desember 2023 kemarin. Total penumpang tiba baik kapal Roro maupun Express mencapai 1.600 orang, dan hari ini trip pertama kapal Express Bahari 2 F, penumpang mencapai 422 orang. Saya perkirakan mencapai 2000 orang hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Dinas Perhubungan Kota Sabang bersama dengan TNI/Polri dan tim kesehatan, BPBD, serta pihat terkait lainnya, telah mengerahkan personel untuk berjaga di Pos Terpadu Nataru di Pelabuhan Balohan, juga di pos yang terletak di kawasan wisata yakni Iboih dan Kilometer Nol.

“Di Iboih, dikoordinir oleh Camat Sukamakmue, kemudian sudah ada Dinas Pariwisata, Dinas PUPR Kota Sabang dan beberapa instansi lainnya, di Kilometer Nol juga dikoordinir oleh Dispar. Hari ini kita sudah mulai melakukan peninjauan dan pengawasan di tiga titik itu, terutama di Pelabuhan Balohan,” tambahnya. ( b18)

  • Bagikan