PKM Dosen Unsam Latih Pengembangan Media Informasi Warga

  • Bagikan
Kegiatan pelatihan Pengembangan Website dan Media Sosial Sebagai Media Informasi Warga Menuju Desa Cerdas oleh Tim PKM Dosen Universitas Samudra, di Gampong Pondok Pabrik, Kecamatan Langsa Lama. Waspada/Munawar
Kegiatan pelatihan Pengembangan Website dan Media Sosial Sebagai Media Informasi Warga Menuju Desa Cerdas oleh Tim PKM Dosen Universitas Samudra, di Gampong Pondok Pabrik, Kecamatan Langsa Lama. Waspada/Munawar

LANGSA (Waspada): Tim Dosen Universitas Samudra (Unsam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) guna memberikan pelatihan pengembangan website dan media sosial di Gampong Pondok Pabrik sebagai media informasi warga menuju desa cerdas.

Ketua Tim Dosen PKM Universitas Samudra, Munawir, SST, MT didampingi anggotanya Muhammad Zeki, ST, MT dan Irwansyah, ST, MT kepada Waspada.id, Senin (18/9) menyampaikan, kegiatan PKM tersebut bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan serta merupakan salah satu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Pelatihan Pengembangan Website dan Media Sosial Sebagai Media Informasi Warga, Menuju Desa Cerdas,” yang dilaksanakan di Gampong Pondok Pabrik Kecamatan Langsa Lama digelar, Kamis-Jumat (14-15/9) dibuka langsung Geuchik setempat Azman, SH, MH yang diikuti seluruh staf dan para perangkat desa/gampong.

PKM Dosen Unsam Latih Pengembangan Media Informasi Warga

Dikatakannya, perkembangan teknologi yang pesat selama ini telah merubah segala sesuatu kedalam sistem digital. Sehingga, kita tidak boleh sampai ketinggalan dalam proses digitalisasi ini, khususnya web gampong.

Menurut Munawir, dengan adanya website dan media sosial gampong, Pemerintah Gampong dapat mengupdate dan memperkenalkan potensi-potensi yang ada di gampong seperti, UMKM, wisata, kuliner, adat budaya dan lainnya.

Dengan penggunaan website dan media sosial (Medsos) dalam memberikan beragam informasi dan edukasi melalui media digital tersebut. Sehingga informasi yang diberikan tersebut dapat menarik minat warga dari luar daerah untuk berkunjung ke gampong atau daerah kita.

Jadi, dalam mendesain website dan konten website serta medsos harus dirancang semenarik dan selengkap mungkin, sehingga informasi dan data dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat luas atau publik, ujar Munawir.

“Insyaallah, kami Tim PKM Universitas Samudra ini berkomitmen tentang program digitalisasi di Gampong Pondok Pabrik sehingga dapat menjadi contoh bagi gampong yang lain serta dapat menjadi salah satu desa cerdas di Kota Langsa dalam hal digitalisasi,” ucapnya.

Kiranya melalui pengembangan website tersebut ke depan dapat dilaksanakan dalam skala dan pengembangan yang lebih luas. Hal ini, sejalan dengan harapan dan semangat Pemerintah Gampong Pondok Pabrik, imbuh Ketua Tim Dosen PKM Universitas Samudra Munawir.

Geuchik Azman, SH, MH mengucapkan terimakasih dan apresiasi, kepada Tim Dosen PKM Universitas Samudra yang telah membantu membagikan ilmunya terkait Pengembangan Website dan Media Sosial di Gampong Pondok Pabrik Sebagai Media Informasi Warga Menuju Desa Cerdas.

“Semoga dengan adanya pelatihan pengembangan website ini, sistem informasi administrasi dapat membantu dalam pengelolaan data gampong. Kegiatan seperti ini dapat terus bekerjasama untuk dikembangkan serta berkelanjutan,” harap Azman. (b24)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *