Pleno KIP Subulussalam, 3 Maret 2024

- Aceh
  • Bagikan
SUASANA Pencoblosan di salah satu TPS Kota Subulussalam, 14 Februari 2024 lalu. (Waspada/dok)
SUASANA Pencoblosan di salah satu TPS Kota Subulussalam, 14 Februari 2024 lalu. (Waspada/dok)

SUBULUSSALAM (Waspada): Pleno KIP Kota Subulussalam terkait Pemilu (Pileg dan Pileg) serentak, 14 Februari 2024 lalu akan mulai digelar, Minggu 3 Maret 2024 lusa. Hingga kini, pihaknya belum dapat mengumumkan resmi hasil di sana, karena harus menunggu hasil pleno.

Demikian Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Asmiadi kepada Waspada, Kamis (29/2). “Tanggal tiga kita Pleno,” pesan WA Asmiadi, sebut rangkaian Pemilu berjalan aman dan terkendali, tidak ada Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Diketahui, 64.744 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Subulussalam tersebar dalam lima kecamatan dan 82 kampong menggunakan hak pilih Pemilu di 258 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Akumulasi 64.744 DPT itu terdiri dari 32.274 laki-laki dan 32.470 perempuan.

Meski belum resmi, informasi dari sejumlah sumber menyebut jika 20 Calon Anggota Legislatif (Caleg) hampir diyakini lolos ke kursi DPRK Subulussalam Periode 2024-2029 yakni, untuk Dapil 1 Kecamatan Simpang Kiri 8 kursi diraih, Ade Fadli Pranata Bintang dan H. Abdul Hamid Padang/Joka (Hanura), Wandi dan T. Raypa Andriant Sastra (Golkar), Antoni (Gerindra) Gusfri (Nasdem), Asmardin (PKB) dan Salehati (PA). Sementara periode lalu, Ari Afriadi (Gerindra), Fajri Munthe (Golkar), Dedy (PKS), Jefri Husni M (PAN), Ade Fadli Pranata Bintang (Hanura), Salehati (PA) Samiun (PNA) dan Gusfri Maha Putra Pinem (PKPI).

Lalu Dapil 2 Kecamatan Penanggalan empat kursi diraih, Ratmala Dewi Hasugian (Gerindra), Pukak Fajri Manik (Hanura), Ardhianto Ujung (PA) dan Raja Muhammad Adi Putra (PKS). Periode lalu tiga kursi, yakni S. Saddam Ali Husain Tumangger (Golkar), MZA Ridho Bancin (Hanura) dan Karlinus (PBB).

Sementara Dapil 3 Kecamatan Rundeng dan Longkib empat kursi, periode lalu lima kursi diraih Ratna Juita (Hanura), Hasbullah (Golkar), Alimsah (Nasdem) dan Jumadin (Hanura).
Periode lalu, Bahagia Maha (PAN), Khalidin (Hanura), Dolly S. Cibro (Demokrat), Hariansyah (PA) dan Ridwan (PNA).

Sedangkan dari Dapil 4, Kecamatan Sultan Daulat empat kursi, direbut Rasumin (Gerindra), Ade Rizki Bintang (Hanura), Dewita Karya (PAN) dan H. Mukmin (Golkar). Periode lalu, H. Mukmin (Golkar), Dewita Karya (PAN), Ade Rizki Bintang (Hanura) dan H. Zainuddin (Demokrat).

Dari gambaran ini, di Dapil 1 dua wajah lama, Ade Fadli Bintang dan Salehati, Dapil 2 dan 3 semua wajah baru, lalu Dapil 4 tiga wajah lama, Ade Rizki Bintang, Dewita Karya dan H. Mukmin. Wajah baru, Rasumin yang sudah pernah menjadi anggota DPRK di sana dari partai berbeda dengan saat ini.

Lalu, keterwakilan perempuan yang periode lalu tiga orang dari dua dapil, saat ini lima orang dari semua dapil. Mereka wajah baru, Ratmala Dewi Hasugian (Dapil 2) dan Ratna Juita (Dapil 3), lalu wajah lama Ade Rizki Bintang dan Dewita Karya (Dapil 4) serta Salehati (Dapil 1).

Dirinci delapan Parpol dan Parlok sukses akan duduk di DPRK Subulussalam, yakni Hanura enam kursi, Golkar empat kursi, Gerindra tiga kursi, Nasdem dua kursi, PA dua kursi dan masing-masing satu kursi, PKS, PAN dan PKB. (b17)

  • Bagikan