PMI Aceh Tamiang Siap Bersinergi Dengan Semua Elemen

- Aceh
  • Bagikan
Ketua PMI Aceh, Murdani Yusuf melantik dan mengambil sumpah Dewan Pertimbangan dan Pengurus PMI Kabupaten Aceh Tamiang periode 2023-2028, Rabu (15/3) di aula Setdakab Aceh Tamiang. (Waspada/ Yusri).
Ketua PMI Aceh, Murdani Yusuf melantik dan mengambil sumpah Dewan Pertimbangan dan Pengurus PMI Kabupaten Aceh Tamiang periode 2023-2028, Rabu (15/3) di aula Setdakab Aceh Tamiang. (Waspada/ Yusri).

KUALASIMPANG (Waspada): Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Tamiang dalam melaksanakan tugasnya dari waktu ke waktu senantiasa terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas, kinerja dan selalu menjunjung profesionalitas dalam memberikan layanan ke masyarakat.

“ PMI Aceh Tamiang juga siap bersinergi dengan semua elemen, baik unsur pemerintahan, BUMN, swasta dan unsur masyarakat lainnya,” kata Asrizal H. Asnawi, Ketua PMI Aceh Tamiang kepada Waspada seusai pelaksanaan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Pertimbangan dan Pengurus PMI Kabupaten Aceh Tamiang periode 2023-2028 pada Rabu (15/3) di aula Setdakab setempat.

Disebutkannya, PMI Aceh Tamiang memiliki Relawan Tenaga Sukarela (TSR), Korps Sukarela (KSR), Donor Darah Sukarela (DDS) dan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah, ini menjadi potensi “Pahlawan Kemanusiaan” yang siap ditugaskan suatu waktu nanti jika dibutuhkan.

Terutama dalam kegiatan kepalangmerahan, pengurangan risiko bencana, bantuan saat bencana, kesehatan, pertolongan pertama berbasis masyarakat, donor darah dan kegiatan yang lain dengan memberdayakan potensi yang ada.

“ PMI bersama pemerintah daerah akan mengupayakan kecukupan darah bagi masyarakat agar mau dan mampu manjadi pendonor darah sukarela dengan menjadikan donor darah sebagai sikap hidup (life style) ditengah-tengah masyarakat guna menjadikan setiap kita adalah pahlawan kemanusiaan,” ungkap Asrizal.

Disamping itu, Asrizal H Asnawi yang juga menjabat anggota DPR Aceh menegaskan, bahwa PMI Aceh Tamiang siap menyukseskan program pemerintah daerah dalam penurunan stunting di kabupaten ini. “ Karena itu, kita berharap kepada perbankkan dan perusahaan dan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang untuk dapat memberikan CSR nya kepada PMI, baik itu dalam bentuk dana binaan, barang dan peralatan serta kerjasama donor darah rutin tiga bulan sekali,” pintanya sembari menambahkan, apabila kerjasama ini bisa berjalan maka tugas-tugas kemanusiaan yang dilaksanakan oleh relawan PMI akan lebih mudah dan maksimal kepada masyarakat.

Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman dalam sambutannya menyampaikan, PMI adalah organisasi kemanusiaan di Indonesia yang berperan aktif dalam menyumbangkan bhakti sosialnya ditengah-tengah masyarakat. Sejak berdiri tahun 1945, PMI telah menjadi satu lembaga terkemuka dalam menanggapi keadaan darurat di Indonesia dan sebagai organisasi berbasis relawan yang memiliki jaringan yang luas, PMI memiliki keunggulan, bukan hanya sebagai organisasi yang menjalankan mandat dalam tanggap darurat, namun juga memainkan peranan pembangunan.

PMI telah mengabdi selama 78 Tahun dan menorehkan pengalaman-pengalaman dan catatan-catatan, baik kekurangan dan kelebihan serta tantangan yang harus dihadapi, namun PMI tetap terus berperan melayani masyarakat dalam mengemban tugasnya sehari-hari. “ Kami menghimbau kepada PMI agar dapat bekerjasama secara pro aktif dalam membantu daerah menanggulangi persoalan kemanusiaan, seperti penanganan bencana, masalah kesehatan dan donor darah,” harap Meurah Budiman.

Pj Bupati Meurah Budiman juga meminta segenap pengurus dan anggota PMI Kabupaten Aceh Tamiang, kiranya dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan membawa organisasi ini kearah yang lebih baik, sesuai dengan harapan dari seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Bumi Muda Sedia.
Adapun pengurus PMI Aceh Tamiang yang dilantik dan diambil sumpahnya yaitu, Dewan Kehormatan, Ketua Drs. H. Abd Muin, Sekretaris Drs Sepriyanto, anggota dr Putri Novrisa, Ismail, SE dan Kurniawansyah, S.HI, Drs. Kemudian Pj Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman, SH,MH pelindung pengurus PMI Aceh Tamiang dan Ketua dijabat oleh Asrizal H Asnawi, Sekretaris Ir.Amrullah,ST serta Bendahara Rudi Irawan. (b15).

  • Bagikan