Polresta Banda Aceh Gelar Buka Puasa Bersama Para Tahanan

- Aceh
  • Bagikan
Para tahanan Polresta Banda Aceh berdoa bersama menjelang berbuka bersama. (Waspada/Ist)
Para tahanan Polresta Banda Aceh berdoa bersama menjelang berbuka bersama. (Waspada/Ist)

BANDA ACEH (Waspada): Polresta Banda Aceh menggelar kegiatan buka puasa bersama para tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Mapolresta, Rabu (27/3).

Kegiatan berbuka bersama para tahanan turut dihadiri Kasat Tahti Iptu M. Lilik Kusnadi, Kasi Humas Ipda Trisna Zunaidi, Kanit Wattah Aipda Teuku Sulaiman, Kanit Barbuk Aiptu Basri dan seluruh personil Sattahti serta  puluhan tahanan yang sedang menjalani proses penyidikan.

Sebelum pelaksanaan buka bersama, kegiatan di mulai dengan bimbingan rohani dan mental sebagai bentuk penyemangat dan motivasi bagi para tahanan yang disampaikan Ustadz Aditya Harahap.

Dalam tausiyahnya, Ustadz Aditya Harahap menyampaikan bahwa sesungguhnya dunia ini merupakan penjara bagi seluruh umat manusia. Bermakna sejatinya dunia hanyalah tempat kita diungsikan oleh Allah Swt. Setelah kakek buyut seluruh umat manusia, Nabiullah Adam As. melakukan kesalahan dengan memakan buah kuldi dan diusir dari surga. Sehingga di sinilah dalam penjara dunia ini, kita diharapkan dapat memperbaiki diri dan bertaubat.

Hal ini tentu selaras dengan keberadaan para tahanan di Rutan Polresta Banda Aceh yang diharapkan akan kembali menjadi sosok yang bermanfaat dan mampu membaur kembali dengan masyarakat luas selepas menjalani masa tahanan nantinya.

Kapolresta Banda Aceh, KBP Fahmi Irwan Ramli melalui Kasat Tahti, Iptu M Lilik Kusnadi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penguatan mental dan iman bagi para tahanan, serta sebagai wujud kepedulian kepolisian kepada mereka.

“Bulan suci Ramadan merupakan momentum yang baik bagi sesama umat untuk saling berbagi berkah dan rezeki, termasuk dalam membangun keakraban antara polisi dan para tahanan, ini merupakan salah satu makna dari Poltaman yang merupakan jargon dari Kapolresta Banda Aceh ” kata Lilik.

Lebih lanjut, kegiatan buka puasa dan doa bersama ini juga di maksudkan untuk memperkuat tali silaturahim dan menciptakan kesan bahagia bersama para tahanan.

Ia berharap bahwa melalui kegiatan ini, para tahanan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta memperoleh pencerahan setelah menjalani masa tahanan.

“Semoga kebersamaan ini memberikan manfaat kepada para tahanan untuk selalu beribadah dan berbuat kebaikan,” tambah nya.

Kegiatan yang di penuhi dengan nuansa kebersamaan dan harmoni ini di akhiri dengan berbuka puasa bersama dan doa bersama. (b03)

  • Bagikan