Polresta Banda Aceh Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

- Aceh
  • Bagikan
Personel Polresta mengikuti kegiatan kesamaptaan jasmani sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. (Waspada/Ist)
Personel Polresta mengikuti kegiatan kesamaptaan jasmani sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani. (Waspada/Ist)

BANDA ACEH (Waspada): Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani personil, Polresta Banda Aceh memiliki program khusus sebagai turunan dari tingkat atas yaitu Kesamaptaan jasmani.

Bagian SDM Polresta Banda Aceh melalui Subbagwatpers melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) berkala Periode I T.A 2024 bertempat di Lapangan Bola Geulanggang Kampus USK, Banda Aceh, Senin (26/2).

Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Periode I Tahun Angggaran 2024 ini diikuti oleh seluruh personil Polresta Banda Aceh yang dilaksanakan sejak tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2024 mulai dari pangkat Brigadir, ASN hingga Perwira.

Polresta Banda Aceh Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala
Peserta sedang melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan dari personil Urkes Polresta Banda Aceh sebelum mengikuti kegiatan kesamaptaan jasmani. (Waspada/Ist)

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, melalui Kabag SDM, Kompol Vifa Febriana Sari, mengatakan pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani tersebut salah satu faktor pendukung pengembangan karier personil Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti, Sespim, Sespimma, Sekolah Inspektur Polisi (SIP), Sekolah Alih Golongan (SAG) dan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat.

Kata dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan fisik personil Polri untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas kedepannya, serta utk pengisian nilai dalam aplikasi 13 komponen Budaya Unggul Polri.

“Diharapkan dengan diselenggarakannya tes kesamaptaan jasmani ini dapat meningkatkan kemampuan personel secara periode setiap enam bulan sekali, sehingga bisa menjaga stabilitas kesehatan fisik personel. Dengan jasmani yang sehat, maka personel akan mampu melayani masyarakat sebagaimana tugas pokok Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” ungkap Kompol Viva yang didampingi Kasubbag Watpers, Iptu Jumadil Firdaus.

Selain itu, Kabag SDM mengingatkan pada personel dengan adanya kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini, dapat memotivasi para personel Polresta Banda Aceh untuk dapat menjaga fisiknya, agar tetap prima melalui pola hidup sehat serta rajin berolahraga”, sambungnya.

Jadi, sebelum mengikuti kegiatan, seluruh peserta kesamaptaan jasmani ini wajib melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan terlebih dahulu oleh personil Urkes Polresta Banda Aceh.

Tahap-tahapan tes Kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari Lari selama (12 menit), Push Up, Pull Up, Shuttle Run, Chinning khusus untuk Polwan dan Aerobik bagi personel atau ASN yang sudah berusia 50, tutur Vifa.

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali, tutup Kompol Vifa Febriana Sari. (b03)

  • Bagikan