Puluhan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Mengabdi Di Abdya

- Aceh
  • Bagikan
Puluhan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Mengabdi Di Abdya
Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Abdya, yang dirangkum dalam beberapa kegiatan. Foto direkam Rabu (19/7) lalu.Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Sekitar 50 mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa (Ormawa), Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, melaksanakan pengabdian masyarakat, di Aceh Barat Daya (Abdya).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Aulia Rahmatullah, Rabu (19/7), kegiatan pengabdian masyarakat di Abdya ini, berlangsung selama 3 hari, yakni sejak tanggal 17 hingga 19 Juli 2023, yang dipusatkan dalam beberapa titik lokasi. Kegiatan diantaranya, pada Senin (17/7) lalu melakukan aksi bersih-bersih kawasan pantai Kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), Ujung Serangga, Kecamatan Susoh, yang bersama dengan jajaran Polres Abdya.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan hukum dan sosialisasi narkoba, yang dilaksanakan di dua titik yakni di Desa Durian Rampak, Kecamatan Susoh dan Desa Alue Padee Kecamatan Kuala Batee. “Kegiatan ini digelar di Gedung Serbaguna Desa Durian Rampak dengan tema “Dilematika Pernikahan: Nikah Muda? Atau Telat Nikah? Pemateri Ketua Mahkamah Syariah (MS) Blangpidie, Muhammad Nawawi, SHI, MH,” ungkap Aulia Rahmatullah.

Pada Selasa (18/7) lalu, para mahasiswa ini menggelar Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD), yang dilaksanakan di Sekolah SMA Negeri Unggul Harapan Persada Abdya. Kemudian pada Rabu (19/7) kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dan pencegahannya kepada masyarakat di Desa Alue Padee, dengan pemateri dari Kasat Resnarkoba Polres Abdya, Iptu Hengki Harianto SH MH.

Ketua SEMA FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ramzi mengatakan, rangkaian kegiatan lain yang dilakukan pihaknya adalah, perlombaan bagi anak-anak di Desa Durian Rampak. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 H pada Rabu (19/7) siang.

Pada malamnya, acara peringatan pergantian tahun baru Islam, juga dirangkai dengan siraman rohani yang disampaikan oleh penceramah Ustad H Roni Haldi Lc, di Masjid Baitul Qahhar Desa Durian Rampak, ditutup dengan penyerahan hadiah kepada anak-anak pemenang perlombaan. Cabang yang diperlombakan masing-masing lomba Azan, hafalan surat pendek dan doa sehari-hari. “Suksesnya rangkaian kegiatan, tidak terlepas dari kerjasama yang apik, antara beberapa organisasi mahasiswa di lingkungan FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Terima kasih untuk semuanya,” tutup Ramzi.(b21)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *