PWI-IKWI Aceh Ikut HPN 2024 Jakarta

- Aceh
  • Bagikan
Ketua PWI Aceh M. Nasir Nurdin disambut dengan sal khas betawi oleh Ilham dari panitia akomodasi HPN 2024 Jakarta, Jumat (16/2) di bandara Soetta, Tangerang, Banten. (Waspada/Muhammad Zairin)
Ketua PWI Aceh M. Nasir Nurdin disambut dengan sal khas betawi oleh Ilham dari panitia akomodasi HPN 2024 Jakarta, Jumat (16/2) di bandara Soetta, Tangerang, Banten. (Waspada/Muhammad Zairin)

BANDA ACEH (Waspada): Tidak kurang 60 orang unsur pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Aceh termasuk Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten/Kota mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional Indonesia (HPN) 2024 di Jakarta, 17-20 Februari 2024.

Delegasi PWI dan IKWI Aceh terdiri peserta dan peninjau serta unsur wartawati yang akan mengikuti Silaturahmi Wartawati Indonesia (SIWI) dan sejumlah agenda lainnya terkait peningkatan kapasitas dan pemberdayaan perempuan.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin mengatakan, dalam setiap kegiatan HPN, PWI Provinsi menjadi peserta berbagai agenda organisasi seperti konferensi kerja nasional (Konkernas), seminar, pameran jurnalistik, bakti sosial, dan puncaknya mengikuti pidato Presiden RI.

Selain 13 orang Pengurus PWI dan IKWI Provinsi–enam di antaranya sebagai peserta–juga ada puluhan lainnya dari PWI dan IKWI Kabupaten/Kota sebagai peninjau.

Hingga 15 Februari 2024 tercatat Pengurus PWI dan IKWI Kabupaten/Kota yang mengirim peninjau yaitu Sabang 7 orang, Aceh Selatan 3, Lhokseumawe 9, Bener Meriah 3, Aceh Tenggara 3, Aceh Besar 4, Aceh Utara 7, dan Aceh Jaya 12.

Sedangkan unsur Pengurus PWI Provinsi yang diundang sebagai peserta yaitu Ketua, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Sekretaris, Ketua IKWI, Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP). Juga dua orang wartawati.

Delegasi PWI dan IKWI Aceh termasuk peninjau berangkat secara bergelombang pada 16, 17, 18, dan 19 Februari 2024. Kegiatan dipusatkan di Ancol, Jakarta Utara.

Menurut Nasir, sebenarnya puncak peringatan HPN pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya, tetapi karena tahun ini berdekatan dengan Pemilu makanya digeser menjadi 17-20 Februari 2024. Sedangkan syukuran HPN tetap dilaksanakan secara terbatas baik di Pusat maupun Daerah pada 9 Februari 2024,” kata Nasir Nurdin.

Tahun ini PWI Aceh juga mengirim perwakilan wartawati untuk mengikuti berbagai agenda khusus terkait pemberdayaan perempuan dan sosialisasi struktur kepengurusan baru PWI di semua tingktanan yaitu Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Sedangkan dari IKWI Aceh dan Kabupaten/Kota, selain Ketua IKWI Provinsi yang diundang khusus oleh Panitia Pusat juga didampingi Sekretaris IKWI Provinsi dan Pengurus/Anggota IKWI Kabupaten Kota, yaitu IKWI Sabang 3 orang, Aceh Selatan 1, Lhokseumawe 3, Aceh Besar 2, dan Aceh Utara 3.

“IKWI akan mengikuti sejumlah kegiatan seperti seminar, lomba masak, dan olahraga,” kata Ketua IKWI Aceh, Ny. Hanifah Nasir Nurdin. (b05)

  • Bagikan