Rekapitulasi Perhitungan Suara Dapil 4 Langsa Barat Tuntas

Berikut Nama Caleg Tertinggi

  • Bagikan
Tampak Ketua PPK Langsa Barat, Tarmizi saat menyerahkan hasil rekapitulasi perhitungan suara untuk Kecamatan Langsa Barat kepada Komisioner KIP Kota Langsa, Dr (Cand) Bahtiar MA didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, M Al Fadhal M.Si, serta Ketua Bawaslu, Taufiqurrahman dan Panwascam Langsa Barat, di Kantor Camat Langsa Barat, Senin (26/2). Waspada/Rapian
Tampak Ketua PPK Langsa Barat, Tarmizi saat menyerahkan hasil rekapitulasi perhitungan suara untuk Kecamatan Langsa Barat kepada Komisioner KIP Kota Langsa, Dr (Cand) Bahtiar MA didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, M Al Fadhal M.Si, serta Ketua Bawaslu, Taufiqurrahman dan Panwascam Langsa Barat, di Kantor Camat Langsa Barat, Senin (26/2). Waspada/Rapian

LANGSA (Waspada): Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Langsa Barat telah menuntaskan rekapitulasi perhitungan suara di Dapil 4 Langsa Barat, di Kantor Camat Langsa Barat, Senin (26/2) pagi.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, M Al Fadhal M.Si, kepada wartawan mengatakan bahwa dari 13 gampong dalam wilayah Kecamatan Langsa Barat telah selesai melakukan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan.

“Alhamdulilah rekapitulasi berjalan dengan baik dan hasil yang diperoleh sudah maksimal, artinya PPK, PPS yang hadir telah menuntaskan pekerjaan dengan baik sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” kata M Al-Fadhal.

Menurutnya, pihak KIP sudah sejak lama mewanti-wanti agar PPK melaksanakan tugas dengan baik dan jangan ada upaya untuk mengotak-atik hasil yang diperoleh dari PPS.

Apabila hal ini tidak diindahkan oleh pihak PPK akan berakibat fatal bahkan bisa menuju keranah pidana apabila menyelewengkan tugas dan fungsinya.

“Kami sangat apresiasi terhadap PPK, PPS, KPPS dan pihak Panwascam yang telah merampungkan tugasnya melakukan rekapitulasi perolehan suara khususnya di Kecamatan Langsa Barat,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya juga menampik atau memberikan hasil dari rekapitulasi di tingkat kecamatan, karena nantinya akan ada pleno di tingkat kab/kota sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Senada Ketua PPK Langsa Barat, Tarmizi, menyatakan bahwa rekapitulasi dari 13 gampong dalam wilayah Langsa Barat dilakukan sejak tanggal 18 lalu hingga 26 Februari 2024.

Untuk saat ini memang hasil dari rekapitulasi di saksikan oleh saksi partai dan juga pihak Panwascam Langsa Barat untuk memantau jalannya rekapitulasi perhitungan suara di setiap gampong.

“Telah tuntas kami lakukan rekapitulasi perhitungan suara untuk dapil 4 Langsa Barat berkat kerja keras semua pihak,” imbuhnya.

Sementara pantauan dilapangan dan prediksi hasil dari rekapitulasi perolehan suara untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Langsa Barat Partai Aceh (PA) mendulang suara terbanyak diangka 3.260 dan untuk caleg nomor urut 2 (Burhansyah—red) memperoleh suara 1.491, dipastikan menduduki kursi pertama juga tercatat sebagai incumbent.

Lantas untuk Partai Demokrat harus puas dengan perolehan suara diangka 3.165 dan untuk caleg nomor urut 1 (Ferizal Amri—red) memperoleh suara sebanyak 1.847 dipastikan menduduki kursi kedua di legislatif juga tercatat sebagai petahana.

Selanjutnya untuk Partai Amanat Nasional (PAN) ini diraih suara sebanyak 2.069 suara dan untuk nomor urut 2 yakni Zubir yang pendatang baru diblantikan perpolitikan ini mampu mengumpulkan suara 673 dan menempati kursi ketiga di legislatif khusus dapil 4 Langsa Barat.

Lalu untuk Partai Gerindra mampu mengumpulkan suara sebanyak 1.779 dan untuk caleg nomor urut 1 yaitu Irwanto dengan torehan suara mencapai 1.476 harus puas menepati kursi keempat dan Irwanto yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Langsa sebagai petahana.

Sedangkan yang terakhir untuk Partai PKS hanya mampu mengumpulkan suara sebanyak 1.756 dan untuk caleg nomor urut 1 yaitu Noma Khairil dengan torehan suara sekitar 1.246 harus berlapang dada menduduki kursi terakhir yaitu kursi kelima untuk dapil 4 Langsa Barat.

Hasil ini didapat hasil pantauan dan prekdisi di Kecamatan Langsa Barat pada saat rekapitulasi dilakukan oleh PPK, namun untuk sebuah ketetapan yang pasti adanya pleno di tingkat KIP Kota Langsa pada tanggal 2 Maret 2024 mendatang. (crp)

  • Bagikan