Rektor IAIN Lhokseumawe: Satu Suara Sangat Berharga, Jangat Golput

  • Bagikan
Rektor IAIN Lhokseumawe: Satu Suara Sangat Berharga, Jangat Golput
Rektor IAIN Lhokseumawe Prof. Dr. Danial, M.Ag,saat menjadi narasumber Sosialisasi Pemilu 2024 di Gedung Serbaguna kampus IAIN Lhokseumawe. Waspada/Ist

LHOKSEUMAWE (Waspada): Rektor IAIN Lhokseumawe Prof. Dr. Danial, M.Ag, mengajak untuk memilih pada 14 Februari 2024 mendatang. Dia mengingatkan, satu suara kita sangat berharga sehingga jangan golput.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe menegaskan beberapa waktu lalu, menanggapi upaya yang dilakun kampus untuk meningkatkan partisipasi pada Pemilu 2024. “Pesan pertama, satu suara sangat berharga untuk membangun bangsa kita, oleh karena itu jangan ada yang golput (tidak gunakan hak pilih-red),”tegasnya.

Danial juga mengingatkan untuk memilih sesuai dengan kata hati. Sehingga sebelum memilih, perlu dilakukan tracking (mengenal-red). “Sebelu memilih harus dilakuka tracking, kita harus mengenal orang yang kita pilih,” sebutnya.

Dalam mengenali pilihan pada pemilu, sekarang tidak sulit lagi. Untuk mengenal jejak mereka bisa memanfaatkan berbagai media.”Sekarang ada diberbagai media untuk mentracking,” kata Danial kembali.

Menjelang hari pemilihan pada 14 Februari 2024, dia juga mengingatkan, perbedaan pilihan jangan mengancam persaudaraan. Menurutnya, perbedaan itu tidak ada masalah. “Jangan sampai perbedaan pilihan mengancam persaundaraan,” ujarnya.

Partispasi Mahasiswa IAIN Lhokseumawe

Mahasiswa IAIN Lhokseumwe diharapkan ikut berpatisipasi dalam kegiata pemilu 2024. Selain ikut pada hari pemilihan, juga berpatisipasi dalam pengawasan pemilu. Sebelumnya, ratusan mahasiswa IAIN Lhokseumawe, dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan Sosialisasi Pemilu 2024 yang digelar di Gedung Serbaguna kampus pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Kegiatan diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh, bekerja sama dengan Kampus IAIN Lhokseumawe. Tujuannya, meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan edukasi terkait kepemiluan menjelang Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut turut dirangkai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua lembaga, ditandatangani secara langsung oleh pimpinan masing-masing.

Sosialisasi ini mengusung tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.” Menghadirkan tiga narasumber utama dari kalangan akademisi dan praktisi kepemiluan, acara ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang proses pemilu kepada mahasiswa sebagai pemilih pemula.

Prof. Dr. Danial, M.Ag, turut serta sebagai narasumber, bersama dengan Ketua Panwaslih Aceh, Agus Syahputra, S.Sos, M.H, dan Anggota Panwaslih Kota Lhokseumawe, Sofhia Annisa, M.Pd.

Rektor IAIN Lhokseumawe menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan ini, mengingat banyaknya generasi pemilih pemula berasal dari kalangan mahasiswa. Menurutnya, pemahaman ini penting untuk menyongsong Pemilu 2024, di mana mahasiswa sebagai orang kritis dapat menjadi partisipan aktif dalam mengawal kelancaran dan kejujuran pemilu.(b08)

  • Bagikan