Respon Cepat Serda Sandri Evakuasi Nek Aisyah Nekat Panjat Tower BTS

  • Bagikan
Respon Cepat Serda Sandri Evakuasi Nek Aisyah Nekat Panjat Tower BTS

Serda Sandari saat melakukan evakuasi Nek Aisyah Mahmud, 63, warga Desa Bandar Baru, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur yang nekat memanjat tower Base Transmision Stasion (BTS) milik PT Telkomsel usai shalat subuh, Selasa (16/1). Waspada/ist

ACEH TIMUR (Waspada): Babinsa Koramil 19/Indra Makmur Kodim 0104/Aceh Timur, Serda Sandari melakukan respons cepat mengevakuasi seorang nenek, Aisyah Mahmud, 63, warga Desa Bandar Baru, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur yang nekat memanjat tower Base Transmision Stasion (BTS) milik PT Telkomsel usai shalat subuh, Selasa (16/1).

Menurut Serda Sandari, dirinya mendapat informasi ini dari warga yang melaporkan ada seseorang yang berada di atas tower dengan niat bunuh diri, ketika saya piket jaga di Koramil 19/Idm.

Respon Cepat Serda Sandri Evakuasi Nek Aisyah Nekat Panjat Tower BTS

Menerima laporan tersebut saya langsung menuju ke lokasi untuk mengecek ke lokasi terkait kebenaran informasi tersebut. Setibanya di lokasi, saya melihat Nek Aisyah sudah berada di atas tower dengan ketinggian kurang lebih 42 meter. Tanpa berpikir panjang saya melakukan upaya pendekatan untuk melakukan penyelamatan.

“Saat itu, saya mencoba berbicara dengan tenang kepada Nek Aisyah. Saya memperkenalkan diri, mencoba memahami perasaannya, dan menunjukkan empati. Lalu, saya berusaha membujuknya untuk tidak melakukan tindakan yang lebih jauh lagi,” ungkapnya.

Diungkapkannya, tantangan terbesar adalah membangun kepercayaan dengan Nek Aisyah dalam waktu singkat. Saya juga harus memastikan komunikasi tetap tenang dan tidak memicu reaksi yang tidak diinginkan.

Melalui pembicaraan yang intens, saya dan masyarakat setempat berhasil membuat Nek Aisyah mau turun dari tower. Kami segera memberikan pertolongan dan melaporkan kejadian tersebut kepada Danramil dan Polsek Indra Makmur.

Respon Cepat Serda Sandri Evakuasi Nek Aisyah Nekat Panjat Tower BTS

Sementara Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P membenarkan kejadian tersebut, dan menyampaikan apresiasi dan bangga kepada para prajuritnya yang telah bekerja dengan penuh tanggung jawab dalam mengamankan wilayah, baik keamanannya maupun mengantisipasi hal-hal yang lainnya.

Dandim menyatakan, bahwa tindakan Babinsa dalam membantu evakuasi nenek yang naik tower tersebut merupakan respons cepat dan humanis untuk mencegah tragedi. “Pihaknya juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dan aparat dalam menangani situasi krisis seperti ini,” pungkas Dandim.(b13)

  • Bagikan