RUMAN Aceh Salurkan Donasi ke Lokasi Banjir Bandang Aceh Tenggara

- Aceh
  • Bagikan
Ruman Aceh salurkan donasi ke lokasi banjir bandang di Aceh Tenggara, Jumat (18/11/22). (Waspada/Ist)
Ruman Aceh salurkan donasi ke lokasi banjir bandang di Aceh Tenggara, Jumat (18/11/22). (Waspada/Ist)

BANDAACEH (Waspada): Bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Raudhah Hasanah (IKRH) Agara, alumni pesantren Raudhah Hasanah Medan di Aceh Tenggara, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menyalurkan donasi kepada tiga desa yang paling parah terdampak banjir bandang 1 November 2022 lalu.

Donasi itu berupa 900 nasi bungkus dari muslim Singapura kepada masyarakat Desa Rambung Teldak, Lawe Pinis dan Seri Muda Kecamatan Darul Hasanah pada Jumat (18/11/2022).

RUMAN Aceh Salurkan Donasi ke Lokasi Banjir Bandang Aceh Tenggara

Ketua IKRH Agara, Abi Hasan Selian, mengungkapkan bahwa proses penyaluran dimulai dari Desa Rambung Teldak sebanyak 300 porsi. Tim IKRH Agara shalat Jumat bersama masyarakat setempat. Muadzin, khatib dan imam juga dari tim IKRH Agara.

“Sebelum membagikan donasi tersebut, masyarakat berkumpul di masjid untuk membaca bersama-sama doa tolak bala. Lalu, sebagian mereka makan bersama di area masjid, sebagian lainnya membawa pulang untuk makan bersama keluarga”, ujar Abi Hasan Selian.

Sedangkan dua desa lainnya, imbuh Abi Hasan Selian, masing-masing 300 porsi, dibagi selepas shalat maghrib berjamaah yang juga diiringi membaca doa tolak bala disertai tausiah singkat dari tim IKRH Agara perihal mitigasi bencana.

Di tempat terpisah, Pendiri dan Pembina PKBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif menguraikan, donasi tersebut merupakan program Nasi Ikhlas yang telah diadakan di beberapa lokasi di Indonesia sejak beberapa bulan lalu oleh aktivis kemasnusian dan filantrofis asal Singapura, Mohammad Tahar Jumaat.

“Nasi ikhlas itu senilai 1 Dollar Singapura atau sepuluh ribu rupiah per porsinya. Diniatkan untuk membantu masyarakat yang sedang kesusahan, termasuk yang tertimpa musibah. Di Aceh, program tersebut diamanahkan kepada kita sejak awal Oktober ”, kata Arif.

RUMAN Aceh, imbih Arif selanjutnya, telah menyalurkan program tersebut tiga kali. Pertama, 200 porsi di Aceh Tenggara pada momen Maulid Nabi Muhammad SAW. Kedua, 100 porsi kepada pesantren tahfidz Al Quran Hidayatullah khusus putri di Aceh Besar.

“Adapun kali ketiga ini, kita terima 1000 porsi, 900 porsi ke lokasi banjir bandang dan 100 porsi lainnya ke pesantren Hidayatullah Aceh Besar. Terima kasih buat para donatur dan mitra kita di lapangan. Semoga menghadirkan manfaat, kebaikan dan keberkahan”, pungkas Arif.(b02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *