Saweu Sikula, Kasat Lantas Imbau Pelajar Tak Pakai Knalpot Non Standar

  • Bagikan

LHOKSEUMAWE (Waspada): Guna mencegah kebisingan kendaraan bermotor yang mengganggu pengendera lain, para pelajar khususnya SMAN 1 Kota Lhokseumawe diimbau agar tidak menggunakan knalpot non standar (brong) pada kendaraannya di jalan raya.

Hal itu disampaikan Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH melalui Kasat Lantas, AKP Vifa Febriana Sari SH SIK MH saat bertindak sebagai inspektur upacara di SMAN 1 Lhokseumawe, Senin (7/3) pagi.

Dikatakannya, kehadiran personel Polres Lhokseumawe di SMAN 1 Lhokseumawe ini merupakan dalam rangka Operasi Keselamatan Seulawah 2022 dan program Polisi “Saweu Sikula”. Apel tersebut diikuti oleh seluruh siswa – siswi serta dewan guru disekolah setempat.

“Dalam kegiatan ini, kami memberi edukasi kepada siswa SMA 1 supaya tertib berlalu lintas, tidak menggunakan knalpot brong atau knalpot tidak sesuai dengan pabrikan,” ujarnya. Selama ini, dalam razia dijalan raya, para petugas kerap menjaring Puluhan unit kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot non standar.

Sehingga untuk memberikan efek jera Satlantas Polres Lhokseumawe memberikan sanksi khusus yang bersifat edukasi kepada pemilik kendaraan. Karena mereka diminta memotong sendiri knalpot non standar dengan alat pemotong logam yang tersedia. Hal ini bertujuan agar pemilik kendaraan bermotor tidak mengulangi pelanggaran yang sama dan wajib menggunakan knalpot yang berstandar sesuai dar pabrikan.

Kasat meminta kepada para siswa secara umumnya agar dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana menciptakan suasananya aman dan nyaman dalam berlalu lintas. Sehingga, tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara yang lain.

Selain itu, kasat juga menjelaskan tentang program Vaksinasi Nasional dan upaya mencegah atau mengantisipasi lonjakan Omicron di wilayah hukum Polres Lhokseumawe. Sehingga selama masa pandemi belum berakhir maka seluruh lapisan masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus tersebut. (b09)

  • Bagikan