SINGKIL (Waspada): Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis, menyoroti rendahnya persentase kepuasan masyarakat, terhadap pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
Rendahnya nilai persentase kepuasan masyarakat itu diketahui saat Pj Bupati Marthunis membuka kotak survey kepuasan, yang tersedia di pintu masuk Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Singkil.
Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Abdul Rahman saat turut mendampingi inspeksi mendadak (Sidak) tersebut, Kamis (29/9) kepada Waspada.id mengatakan, Pj Bupati menyempatkan diri membuka kotak survey di Kantor Disdukcapil.
Dalam Kotak Survey Kepuasan itu berisi sebanyak 59 lembar hasil penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
Respon masyarakat, sebanyak 33 atau 55,93 % menyatakan puas dengan pelayanan Kantor Disdukcapil. Sedangkan sisanya sebanyak 26 atau 44,07 % menyatakan tidak puas atau merasa kecewa terhadap pelayanan yang diberikan tersebut.
Setelah melihat hasil survey, karena masih tingginya nilai ketidak puasan masyarakat tersebut lantas Pj Bupati Marthunis memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada Kadis Dukcapil agar dapat lebih meningkatkan pelayanan dan mengedepankan kepuasan masyarakat.
“Kedepannya harus bisa lebih memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap penduduk dan saya ingin dua bulan kedepan hasil survey kepuasan ini tidak lagi memberikan tanggapan yang tidak baik berarti harus seluruh nya memberikan puas,” ucap Marthunis
Untuk mendapat itu semua kita harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapapun, tambahnya.
Sementara itu saat Sidak tersebut kata Abdul Rahman, Bapak Pj Bupati Aceh Singkil ingin memastikan seluruh pelayanan dokumen dan adminitrasi kependudukan di Aceh Singkil berjalan dengan baik.
Sayangnya saat kehadirannya tersebut, Rabu (28/9) kemarin, tampak sejumlah meja dan kursi ASN Dukcapil masih kosong, meski waktu sudah menunjukkan Pukul 08:00 WIB lewat.
Kata Rahman evaluasi kinerja ini terus dilakukan ke seluruh SKPK sejak 21 Juli 2022 lalu. Sebelumnya Pj Bupati juga sempat meninjau sejumlah Sekolah, Puskesmas dan Pesantren.
Martunis juga menyampaikan kepada kepala Dinas Dukcapil agar melakukan program pendekatan pelayanan kependudukan kepada masyarakat. Yakni dengan cara memberikan pelayanan langsung ke masing-masing Kecamatan bahkan sampai ke setiap desa.
Setidaknya dalam pelayanan pencetakan KTP, Kartu keluarga dan kartu Identitas Anak (KIA) dengan cara pelayanan e-mobile agar dilakukan rutin setiap hari dengan cara bergiliran dan menetapkan jadwal pelayanan.
Dan ini sudah dapat dilakukan mulai besok Kamis 29 September 2022. Berikan pelayanan terbaik kepada setiap penduduk karna itu adalah wujud tanggung jawab kita kepada Negara. Karena Negara telah memberikan kepercayaan kepada kita dan terutama lagi terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita pertanggungjawabkan dihari akhir nanti, pinta Marthunis.
Sementara itu, Kadis Dukcapil Kabupaten Aceh Singkil, M Yakub kepada Pj Bupati melaporkan, bahwa sering mengalami hambatan dalam pemberian layanan yang diakibat jaringan internet yang kurang bagus.
Sehingga banyak warga kadang-kadang harus menunggu lama sampai berjam-jam.
Sedangkan kami tidak memiliki ruang tunggu yang representatif hal ini dikarenakan gedung yang dipergunakan sekarang adalah eks kantor Camat Singkil yang dibangun sejak masih bergabung dengan Kabupaten Aceh Selatan, sebut Yakub.
Dalam kunjungan ini, Marthunis didampingi Asissten Pemerintahan, Junaidi SSTP, Kabag Prokopim Abdul Rahman, Kabag Umum Setdakab, Syahril SE, mewakili Kabag Ortala dan Kabag Pem. (B25)
Foto: Pj Bupati Marthunis saat berbincang dengan Kadisdukcapil, serangkaian meninjau pelayanan administrasi masyarakat. Waspada/Ist