Sinergi Dengan Polri, Pemkab Aceh Besar Bersihkan Pantai Lampuuk

- Aceh
  • Bagikan
Sinergi Dengan Polri, Pemkab Aceh Besar Bersihkan Pantai Lampuuk
Kadisparpora Aceh Besar bersama anggota Polri foto bersama usai melakukan pembersihan Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kamis (13/7). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora ) bersinergi dengan pihak kepolisian untuk membersihkan pantai Lampuuk, gotong royong itu merupakan tindak lanjut dari program 1 jam pungut sampah yang diinisiasi oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh, Muhamamd Iswanto, SSTP, MM.

Kepala Disparpora Aceh Besar, Abdullah, SSos, mengatakan, program ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemkab Aceh Besar, pihak kepolisian dan pelaku industry wisata. Mengingat program tersebut memiliki dampak yang bagus untuk meningkatkan sektor wisata.

“Ini, karena memiliki dampak yang bagus, pantai berish, masyarakat suka berkunjung sekaligus meningkatkan eknomi masyarakat pesisir,” katanya, usai gotong royong, di Lampuuk, Kamis (13/7).

Ia juga mengatakan, Pemkab sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh pihak kepolisian, mengingat Aceh Besar memiliki garis pantai yang panjang diiringi panorama yang indah, jadi sangat penting, sebagai upaya mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tentu saja, ini juga bisa menjadi nilai tawar untuk meningkatkan sektor wisata, karena pasca Covid-19, banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata,” ucapnya.

Menurutnya, langkah ini sebagai awal untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh Besar, dan Aceh Besar memiliki beberapa destinasi wisata unggulan yang setiap minggunya dipadati para pelancong, jadi, untuk kenyamanan wisatawan aksi pungut sampah penting untuk dilakukan secara berkelanjutan.

“Untuk menjaga kenyamanan wisatawan, kita minta para pengusaha wisata melakukan pembersihan lokasi dan menyediakan fasilitas kebersihan,” tegasnya.

Ia mengimbau, agar pelaku usaha pariwisata menyediakan fasilitas kebersihan dan menyediakan fasilitas lainnya untuk kenyamanan wisatawan, menurutnya wisatawan datang tak hanya menikmati indahnya alam saja, tapi juga menikmati suasana yang nyaman di tempat tersebut.

“Jika lokasi wisata bersih, wisatawan akan betah, kebersihan ini merupakan salah satu cara memanjakan wisatawan untuk kembali berkunjung, tentu saja ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD Aceh Besar, jadi, mari sama-sama kita jaga kebersihan lingkungan kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Anisrullah Ketua Pengelola Pantai Lampuuk, mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah melaksanakan pembersihan pantai seluruh Indonesia, dan Lampuuk menjadi salah satu lokasi wisata yang dipilih, bagi Anisrullah kegiatan ini layak untuk terus dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan dan meningkatkan industri wisata di Indonesia.

“Ini program yang baik untuk meningkatkan pariwisata, dan kami mengucapkan terimakasih untuk Polri yang telah memilih Pantai Lampuuk sebagai lokasi wisata yang dibersihkan. Selain itu kami juga ucapkan kepada pihak Pelindo yang telah memberikan bantuan tong sampah untuk menjaga kebersihan Pantai Lampuuk,” pungkas Anisrullah. (b03)

  • Bagikan