Sudah 4 Hari Listrik Di Pulau Siumat Padam Dan Jaringan Internet Down

  • Bagikan
Sudah 4 Hari Listrik Di Pulau Siumat Padam Dan Jaringan Internet Down

SIMEULUE (Waspada): Sudah empat hari empat malam penduduk Pulau Siumat, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue mengalami pemadaman listrik dari PLN dibarengi down nya jaringan internet sehingga masyarakat setempat menjalani hari seperti zaman pra kemerdekaan.

Safi’i, S.Pd, salah seorang putra kelahiran Pulau Siumat yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Kepala Sekolah Penggerak se Kabupaten Simeulue melalui Waspada, Kamis (4/1) mendesak PLN dan Telkomsel untuk segera mengatasinya.

Pasalnya, kata Safi’i selain iba melihat ibu dan adiknya yang harus kembali menggunakan lampu teplok di malam hari dan memasak nasi dengan kayu bakar, juga warga sekitar dan anak anak sekolah di Pulau Siumat menjadi terkendala dalam menjalani rutinitas termasuk dalam proses belajar mengajar sejak mati lampu disusul errornya internet di pulau itu.

Katanya, belakangan ini listrik dan internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat khususnya bagi daerah kepulauan dan jauh dari perkotaan sehingga sangat bermanfaat

Namun kenyataannya PLN dan Internet/Telkomsel di Pulau Siumat sudah seperti perusahaan yang dikelola bukan orang profesional dan kredibel

“PLN dan Telkomsel di Pulau Siumat seperti bukan perusahaan negara melainkan seperti perusahaan yang dikelola orang orang pada zaman batu,” kritik Safi’i.

Maneger Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Sinabang, Zahlul yang dihubungi via telpon tadinya membenarkan hal itu. “Benar, terjadi kerusakan pada bagian mesin/generator,” jawabnya.

Lebih lanjut Zahlul mengatakan dan sudah melaporkan kendala itu ke atasan dan karena masalah mesin menjadi tanggung jawab PLN Batam hal itu tim sudah turun dari sana.

“Kalau sudah tiba dan material yang rusak karena harus didatangkan dari luar maka akan langsung on. Insya Allah dua hari ini sudah selesai,” tegas Zahlul.

Fitra, satu senior Telkomsel di Kabupaten Simeulue yang dikonfirmasi Kamis (4/1) sore mengaku belum mendapat informasi tentang down nya jaringan Telkomsel di Pulau Siumat.

Tetapi dia menerangkan kalau Listrik PLN padam maka 5 jam berikutnya internet Telkomsel akan ikut padam dengan sendirinya karena kemampuan baterai di tower Telkomsel Pulau Siumat hanya untuk cadangan lima jam saja. (b26)

  • Bagikan