Tahun 2023, BPBK Abdya Sukses Tanggulangi 61 Item Bencana

- Aceh
  • Bagikan
Tahun 2023, BPBK Abdya Sukses Tanggulangi 61 Item Bencana

Kepala BPBK Abdya Armayadi ST. Selasa (16/1) lalu.Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Dilaporkan, pada tahun 2023 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Aceh Barat Daya (Abdya), sukses menanggulangi sebanyak 61 item bencana alam. Yang terjadi dalam wilayah ‘Nanggroe Breuh Sigupai’.

Menurut Kepala BPBK Abdya Armayadi ST Selasa (16/1) lalu, 61 bencana alam dengan tingkat kerusakan dan kerugian bervariasi yang sukses ditangani dan ditanggulangi tersebut, diantaranya, bencana kebakaran sebanyak 33 kejadian. Mulai dari kebakaran rumah atau bangunan, hingga kebaran lahan.

Kemudian bencana banjir luapan sebanyak 11 kejadian, angin kencang 3 kejadian, gelombang tinggi dan abrasi 4 kejadian, longsor 1 kejadian, pohon tumbang 1 kejadian, evakuasi jenazah di laut 1 kejadian, kecelakaan laut 3 kejadian, pembasmian sarang tawon 1 kejadian, penangkapan ular 1 kejadian, penangkapan anjing gila 1 kejadian dan penanganan pengungsi rohingya 1 kejadian.

Ditambahkan, dalam upaya penanggulangan bencana yang berbeda item, juga tingkat kerusakan dan kerugian tersebut, diperlukan kerja sama dan kerja keras tim. Apalagi setiap bencana yang terjadi, tidak mengenal waktu. Sehingga memerlukan kesiapan juga kesigapan tim yang luar biasa. “Dari sekian banyak bencana alam yang kita tanggulangi pada tahun 2023 lalu, yang paling banyak itu musibah kebakaran dan banjir luapan,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut Armayadi, dari sejumlah pengalaman diatas, pihaknya sangat berharap masyarakat selalu mewaspadai segala bentuk kemungkinan bencana alam yang akan terjadi. “Kami mengajak masyarakat Abdya untuk melakukan pencegahan bencana alam sejak dini, agar potensi terjadinya bencana dapat diminimalisir. Sebab tanpa adanya dukungan dari masyarakat, tentu hal ini sulit dilakukan,” pungkasnya.(b21)

  • Bagikan