Tahun Ini Pemkab Simeulue Bedah 124 Rumah Tak Layak Huni

- Aceh
  • Bagikan
Tahun Ini Pemkab Simeulue Bedah 124 Rumah Tak Layak Huni

SIMEULUE (Waspada): Pemerintah Kabupaten Simeulue di bawah Pemerintahan Pj. Bupati Ahmadliyah tahun ini (red-2023) dilaporkan akan melakukan bedah rumah yang tidak layak huni menjadi rumah nyaman untuk ditempati.

Kepala Dinas PUPR Simeulue, Zulfatah (foto) yang dihubungi Waspada Sabtu (4/3) menyatakan saat ini sedang merampungkan data sehingga tidak salah sasaran.

“Adapun rumah yang mau dibedah Pemerintah Kabupaten Simeulue, betul-betul yang tidak layak huni. Kami akan melakukan pengecekan langsung sebelum menyetujuinya,” jawab Zulfatah.

Dijelaskan oleh Zulfatah, adapun sistem renovasi nantinya langsung ditangani oleh pihak penerima manfaat (red-warga). “Anggaran ntuk renovasi setiap unit nya sebesar Rp20 juta ditransfer ke rekening kepala rumah tangga yang rumahnya dibedah,” sebutnya.

Ditanya kapan selesainya pendataan, menurut Zulfatah paling lambat sebelum bulan Ramadhan (red-sebelum tanggal 23 bulan Februari 2023). Sedangkan pelaksanaan bedah paling lambat setelah bulan Ramadhan atau di akhir bulan April 2023.

Sumber dana untuk membedah 124 rumah tidak layak huni di Simeulue tahun ini dari, DOKA oleh PUPR 50 unit. Kemudian dari zakat oleh Baitul Mal Kabupaten Simeulue 50 unit lalu dari zakat oleh Baitul Mal Provinsi Aceh sebanyak 24 unit.(b26)

  • Bagikan