TP-PKK Aceh Besar Gelar Pembinaan Dasawisma Di Gampong Lamgeuriheu Lhoong

- Aceh
  • Bagikan
Rombongan TP PKK Aceh Besar foto bersama dengan TP PKK Kecamatan Lhoong pada pembinaan Dasawisma PKK di Gampong Lamgeuriheu, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (20/3). (Waspada/Ist)
Rombongan TP PKK Aceh Besar foto bersama dengan TP PKK Kecamatan Lhoong pada pembinaan Dasawisma PKK di Gampong Lamgeuriheu, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (20/3). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO-(Waspada): Dalam rangka meningkatkan Tertib Administrasi Gampong, Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Aceh Besar, melaksanakan Pelatihan Administrasi untuk Kelompok PKK Dusun dan Dasawisma di Gampong (desa) Lamgeuriheu, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (20/3).

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani S.I.P melalui Sekretaris TP PKK Aceh Besar Nuradiana S.STP, M.Si menyampaikan peran PKK sangat besar dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat gampong. “Oleh karena itu ketertiban pelaksanaan kegiatan dan administrasi menjadi prasarat agar keberadaan organisasi dapat berjalan semakin baik,” ujarnya.

Nuradiana mengatakan Dasawisma PKK merupakan sebuah dasar atau landasan dalam kesejahteraan keluarga. “Jadi sesuai namanya, Dasawisma secara singkat merupakan himpunan atau kelompok dari sepuluh ibu yang berasal dari sepuluh kepala keluarga (KK),” ucapnya.

TP-PKK Aceh Besar Gelar Pembinaan Dasawisma Di Gampong Lamgeuriheu Lhoong
Sekretaris TP PKK Aceh Besar Nuradiana S.STP, M.Si memberi sambutan pada pembinaan Dasawisma PKK di Gampong Lamgeuriheu, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (20/3). (Waspada/Ist)

“Ibu-ibu yang tergabung dalam Dasawisma tersebut secara konkret memiliki tugas dan perannya yang penting,” tambah Nuradiana.

Selanjutnya Nuradiana menyebutkan, Dasawisma merupakan kader PKK yang menjadi ujung tombak di lini lapangan, membantu pemerintah gampong dan ketua TP-PKK untuk melaksanakan 10 program pokok PKK dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. “Jadi tugasnya mencatat data anggota keluarga, data ibu hamil dan melahirkan, data kelahiran, data kematian bayi, serta kegiatan lainnya,” jelasnya.

“Dan tujuan pembinaan Dasawisma untuk memudahkan kordinasi dalam penyampaian informasi dan pendataan,” tambahnya kembali.

Sementara itu Ketua TP-PKK Lhoong Erlina SPd mengatakan Pengurus PKK Kabupaten menjadi Koordinator tim PKK Kecamatan agar di tiap gampong memiliki kordinator masing-masing. “Kalau kami itu guru umum, sedangkan hari ini yang hadir merupakan guru khusus sesuai dengan studynya, jadi manfaatkanlah kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Selanjutnya Erlina mengatakan, di Kecamatan Lhoong terdapat 26 Gampong, dan dari 26 gampong tersebut dirinya memilih Gampong Lamgeuriheu menjadi salah satu gampong pembinaan Dasawisma.

“Gampong ini dipilih karena selain bisa dijangkau dengan jarak dibibir jalan lintas, namun masyarakatnya juga kompak, sehingga karena itulah kami memilih gampong Lamgeuriheu ini, jadi saya harap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya,” harap Erlina.

Disamping itu Ketua PKK Gampong Lamgeuriheu Dahniar pada kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada TP-PKK Aceh Besar yang telah memilih Gampong Lamgeuriheu sebagai tuan rumah pembinaan Dasawisma PKK di Kecamatan Lhoong.

“Mohon bantuan dan binaannya, karena gampong kami ini masih sangat banyak kekurangannya, semoga pembinaan Dasawisma ini bisa menjadi acuan bagi kami untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan kami sebelumnya,” tandasnya. (b05)

  • Bagikan