Usulkan Program Yang Bermanfaat Di Musrenbang

- Aceh
  • Bagikan
Asisten II Sekdakab Aceh Besar Aceh Besar, M.Ali S.Sos, M.Si memberikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang RKPD Aceh Besar Tahun 2025 di Aula UDKP Kantor Camat Peukan Bada, Selasa (19/3). (Waspada/Ist)
Asisten II Sekdakab Aceh Besar Aceh Besar, M.Ali S.Sos, M.Si memberikan sambutan sekaligus membuka Musrenbang RKPD Aceh Besar Tahun 2025 di Aula UDKP Kantor Camat Peukan Bada, Selasa (19/3). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Asisten II Sekdakab Aceh Besar, M Ali pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Peukan Bada, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar untuk tahun 2025, menegaskan pentingnya mengusulkan program pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara umum.

M Ali menekankan, pembangunan haruslah mengutamakan kepentingan masyarakat luas. “Program-program yang diusulkan haruslah dapat memberikan dampak yang nyata bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, di gedung UDKP Kantor Camat Peukan Bada, Selasa (19/3).

Menurutnya, Musrenbang ini menjadi forum penting bagi pemerintah daerah untuk mendengar aspirasi dan kebutuhan langsung dari masyarakat setempat. Melalui dialog yang terbuka dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan dapat terwujudnya program-program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

“Mari kita bersama-sama berperan aktif dalam merumuskan program-program pembangunan yang berkualitas dan bermanfaat bagi semua warga,” tambahnya

Selain itu, Asisten II Sekdakab Aceh Besar menyebutkan, Musrenbang kecamatan adalah forum kunci untuk menetapkan program prioritas kecamatan dan sebagai acuan dalam penyusunan RKPD di Kabupaten Aceh Besar. Melalui Musrenbang, berbagai pihak berpartisipasi dalam mengevaluasi kebutuhan, potensi, serta koordinasi pembangunan yang sesuai dengan kondisi.

“Dengan partisipasi aktif, diharapkan Musrenbang ini menghasilkan usulan program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Peukan Bada dan Aceh Besar,” ucapnya.

Senada itu, Anggota DPRK Aceh Besar Dr Yusran Yunus MA, menyarankan program yang diusulkan harus memiliki nilai integrasi sosial yang tinggi. Oleh karenanya, ia mengharapkan para peserta Musrenbang yang terdiri dari para keuchik, tuha peut, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Peukan Bada tersebut, mampu memadukan usulan-usulan yang berkualitas yang bahkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Program yang diusulkan harus berkualitas dan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat di Peukan Bada,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi DPMG Ahmad Hussein SAg, yang mewakili Camat Peukan Bada, Agus Salahuddin SH, menyoroti pentingnya pelaksanaan Musrenbang di tingkat kecamatan. Musrenbang tersebut, merupakan peranan kunci dalam menyusun perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Musrenbang tersebut merupakan tahapan yang harus dilalui untuk mengikuti tahapan lainnya di tingkat kabupaten,” pungkasnya.

Dengan demikian, partisipasi dalam Musrenbang menjadi fondasi penting untuk memastikan bahwa rencana pembangunan di tingkat lebih tinggi mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara akurat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRK Aceh Besar Dr Yusran Yunus dan Eka Riskina, unsur Forkopimda Aceh Besar, Forkopimcam Peukan Bada, para keuchik dan tokoh masyarakat.(b05)

  • Bagikan