Wakapolda Aceh: Gangguan Kamtibmas Menurun Signifikan

- Aceh
  • Bagikan
Wakapolda Aceh: Gangguan Kamtibmas Menurun Signifikan
Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Drs. Armia Fahmi, MH

BANDA ACEH (Waspada): Wakapolda Aceh, Brigjen Pol. Drs. Armia Fahmi, MH, menyatakan bahwa kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polda Aceh secara umum berada dalam keadaan stabil dan kondusif.

Hal itu disampaikan Wakapolda Aceh saat memberikan arahan kepada peserta apel rutin di lapangan Mapolda Aceh, Senin (4/3).

Terkait persentase gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Aceh, kata Brigjen Armia, perbandingan antara bulan Januari dengan Februari 2024 turun hingga mencapai 15, 44 persen.

Lebih lanjut, Wakapolda menyebutkan, untuk kecelakaan lalulintas atau laka lantas yang terjadi di Provinsi Aceh yang terjadi di bulan Januari dan Februari 2024 menurun hingga mencapai angka 10 persen.

Kemudian terkait tugas Polri, lanjut Wakapolda Aceh, berdasarkan undang-undang pokok kepolisian yaitu undang-undang nomor 2 tahun 2002 pada pasal 13 menyebutkan bahwa tugas Polri adalah sebagai pemelihara Kamtibmas (Harkamtibmas), penegak hukum (Law enforcement), pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Implementasi dari tugas tersebut, sehingga Polri melaksanakan tugas secara pre-emtif, preventif dan represif dalam negara ini untuk mewujudkan Kamtibmas yang stabil dan kondusif,” sebut Wakapolda Aceh lagi.

Saat ini, kata dia, tahapan Pemilu 2024 masih berlangsung yaitu masih dalam tahapan penghitungan suara baik untuk penghitungan suara Pilpres maupun untuk penghitungan suara pileg. “Untuk itu, kita sebagai personel Polri dalam melaksanakan tugas pengamanannya, tetap bertugas sesuai tupoksi dan undang-undang yang berlaku,” tutup Wakapolda Aceh.

Wakapolda Aceh dalam apel pagi itu adalah selaku Perwira Pengambil apel dan peserta apel terdiri dari Irwasda Polda Aceh, para PJU, Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan ASN Polda Aceh. (b03)

  • Bagikan