Yayasan Sukma Bangsa Gelar FGD Draf Akhir Buku Karya Prof Qismullah Yusuf

- Aceh
  • Bagikan
Yayasan Sukma Bangsa Gelar FGD Draf Akhir Buku Karya Prof Qismullah Yusuf

SIGLI (Waspada): Yayasan Sukma Bangsa menggelar Focus Group Discussion (FGD) buku karya Dr.Drs Qismullah Yusuf, M.Ed bertajuk “Jalan Dagang dan Jalan Perang: Pengantar Sejarah Hidup Panglima Itam”, Senin (7/11).

Acara yang digelar di Aula Gedung Sekolah Sukma Bangsa, Gampong Pineung, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, dihadiri langsung Dr.Drs Qismullah Yusuf, M.Ed, selaku penulis buku tersebut.

Hadir juga Prof Ahmad Humam Hamid, Dr Adli Abdullah, Dr Mawardi, dan hadir juga Prof. Asna Husin secara virtual dari Washington DC.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Aceh,Dr H Teuku Taufiqulhadi, M.Si, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Pidie Fadhlullah TM Daud, ST serta sejumlah tokoh sejarah lainnya.

Direktur Eksekutif Yayasan Sukma, Ahmad Baidhawi AR, berharap melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD), ini dapat menambah wacana perspektif tentang betapa pentingnya riset-riset soal tokoh-tokoh terhadulu. Begitupun dia berharap orang-orang seperti Dr.Drs Qismullah Yusuf M.Ed, lebih banyak yang mau mewakafkan dirinya untuk riset-riset penting.

Lanjut dia, kegiatan FGD tersebut bisa berjalan sukses, karena puncak kegiatan tersebut yang dilaksanakan 10 November 2022 bertepatan dengan peringatan Haul Panglima Itam yang dipusatkan di empat lokasi Sekolah Sukma Bangsa, meliputi Sekolah Sukma Bangsa Kabupaten Pidie, Bireuen, Lhokseumawe dan Sigi Sulawesi Tengah.

“ Direncanakan tanggal 10 November tersebut Pak Surya Paloh akan hadir melalui virtual zoom akan menyapa semua siswa, guru, dan seluruh keluarga besarnya di Aceh dalam perayaan Haul tersebut,” pungkasnya.

Direktur Sekolah Sukma Bangsa Kabupaten Pidie Martunis, MA didampingi Kepala Sukma Bangsa Kabupaten Pidie Muclisan Putra, menambahkan dalam kegiatan FGD tersebut tercatat ada 40 orang peserta yang hadir. Mereka, berasal dari akademisi dan keluarga Panglima Itam.

Dia menjelaskan alasan kegiatan FGD buku karya Dr.Drs Qismullah Yusuf, M.Ed dilaksanakan di Sekolah Sukma Bangsa Kabupaten Pidie, itu karena Yayasan Sekolah Sukma Bangsa menurutnya menjadi bagian penting buku tersebut. Terlebih kata dia Surya Paloh , itu sendiri sebagai vonder Sekolah Sukma Bangsa keturunan dari Panglima Itam. (b06)

FOTO: Dr. Drs Qismullah Yusuf, M.Ed saat menjadi pemateri dalam Focus Group Discussion (FGD) di Sekolah Sukma Bangsa, Kabupaten Pidie, Senin (7/11). Waspada/Muhammad Riza

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *