Citizen Journalism

Langkah Nyata BPJS Kesehatan untuk Jiwa yang Lebih Bahagia

Langkah Nyata BPJS Kesehatan untuk Jiwa yang Lebih Bahagia
Kecil Besar
14px

Deli Serdang – Di balik senyum yang kita tunjukkan setiap hari, terkadang ada beban pikiran yang tak terlihat. Kesehatan mental sering kali luput dari perhatian, padahal sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak yang berjuang dalam diam, karena merasa takut, malu, atau tidak tahu harus mulai dari mana. Karena kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan psikologis, emosional, dan sosial yang memungkinkan seseorang untuk mengatasi tekanan hidup, menyadari potensinya, bekerja secara produktif, serta berkontribusi pada masyarakat.

BPJS Kesehatan hadir bukan hanya untuk menjaga tubuh tetap sehat, tetapi juga untuk mendukung kesehatan serta kesejahteraan jiwa, melalui layanan kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan, Lia Zuraida Surbakti (20), seorang mahasiswi yang berasal dari Patumbak Kecamatan Biru-Biru, sangat terbantu karena, ia sudah sangat lelah dengan mental yang tertekan. Lia sendiri juga sudah sangat lama merasakan mentalnya yang tidak stabil.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

IKLAN

“Sebelumnya saya mendapat diagnosa dari dokter dengan penyakit Organik Anxiety, dimana istilah penyakit ini merujuk pada gangguan kecemasan yang disebabkan oleh suatu penyakit, kondisi medis, atau faktor organik spesifik yang secara langsung memengaruhi fungsi otak. Tapi dokternya juga menjelaskan bahwa diagnosa ini hanya sementara,” tutur Lia.

Lia mengatakan bahwa setelah mengetahui mendapatkan diagnosa ini, itu karena adanya penyebab luka yang Lia dapatkan sejak lama, sehingga beliau merasakan kehancuran dan tekanan pada mentalnya sendiri. Pada awalnya Lia berkonsultasi ke Klinik Sehati Husada, dimana setelah mendapatkan diagnosanya, Lia diberikan tawaran untuk dirujuk ke RSJ Bina Karsa. Karena dengan adanya rujukan ini, Lia dapat ditangani lebih lanjut, dan mendapatkan kesembuhan mental yang lebih baik.

“Saya menjalankan ini semua, karena saya sudah lelah merasakan mental yang tertekan sejak kecil. Dimana akar permasalah yang saya dapat itu berawal dari keluarga saya, saya memiliki hubungan yang tidak baik dan akrab dengan keluarga saya. Padahal keluarga adalah pondasi awal yang sangat kokoh untuk keberlangsungan hidup seorang anak. Ditambah lagi, dengan dukungan yang diberikan keluarga kepada anak pasti akan membangkitkan motivasi, serta tumbuh kembang yang baik untuk mentalnya. Namun saya tidak mendapatkan itu semua,” kata Lia.

Pada awalnya, Lia juga merasa biasa saja dengan tekanan mental yang beliau rasakan, akan tetapi lama kelamaan Lia tidak dapat menahannya. Apalagi ditambah faktor eksternal yang sangat memengaruhi mentalnya. Semakin bertambah tekanan mental yang Lia dapatkan, semakin tidak kuat dan lemah mental dalam dirinya. Sehingga Lia memberanikan diri untuk memeriksa keadaan mentalnya yang berujung diberikan surat rujukan untuk konsultasi lebih lanjut mengenai keadaan mentalnya.

“Dengan adanya rujukan ke RSJ Bina Karsa ini, saya merasakan akan mendapat solusi yang baik untuk menaikkan dan menyembuhkan mental saya. Karena dengan menceritakan sedikit permasalahan yang saya rasakan, pasti ada motivasi dan jalan keluar yang diberikan,” jelas Lia.

Tidak hanya itu saja, Lia juga merasa sangat terbantu dengan adanya program yang diberikan oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang dapat memberikan layanan untuk kesehatan mental. Karena menurut Lia, di zaman sekarang ini kesehatan mental seseorang itu sangat penting untuk diperhatikan. Jadi, hanya menggunakan BPJS Kesehatan mental seseorang dapat tertolong, dan meringankan beban yang dirasakan.

“Saya sangat berterimakah dengan adanya program ini, karena saya merasa sangat terbantu. Dan seperti yang kita ketahui untuk konsultasi ke psikologi saja sudah memakan banyak biaya, dan belum pemeriksaan lainnya mengenai kondisi mental. Pasti itu sangat banyak mengeluarkan biaya. Tapi untuk sekarang, hanya menggunakan BPJS Kesehatan, saya dapat berkonsultasi dan tidak takut menambah beban pikiran saya lagi mengenai masalah biaya, karena semua itu sudah dibantu oleh BPJS Kesehatan,” tutur Lia.

Menurut Lia pelayanan yang diberikan pihak RSJ, mulai dari pendaftaran hingga pemeriksaan itu sangat baik semua. Para tenaga medis melayani dengan kesabaran yang penuh, dengan kelembutan, hingga bertutur kata yang sangat memotivasi.

Dokter yang bersangkutan juga memberikan pelayanan, yang sangat baik, sehingga konsultasi kepada pasien dapat berjalan lancar dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pasien.

“Saya berharap semoga masyarakat diluar sana dapat memiliki BPJS Kesehatan, karena ini sangat membantu dan penting untuk dimiliki. Dan pesan saya untuk BPJS Kesehatan, semoga semakin baik dan meningkatkan kinerja agar dapat lebih banyak membantu dan menolong masyarakat Indonesia,” kata Lia. (ar/bpjskes-kclbp)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE