DENPASAR (Waspada.id): Asuransi Sinar Mas membuktikan komitmen layanannya melalui pembayaran klaim asuransi kendaraan kepada nasabah PT Oto Multiartha yang terdampak Bencana Banjir Bali pada 10 September 2025.
Bencana banjir bandang akibat hujan deras berkepanjangan ini menyebabkan sejumlah kendaraan mengalami kerusakan. Total nilai klaim yang dibayarkan Asuransi Sinar Mas kepada 5 debitur PT Oto Multiartha adalah sebesar Rp744.642.000,-
“Kami memahami betapa beratnya situasi yang dialami nasabah akibat banjir ini. Karena itu, Asuransi Sinar Mas bergerak cepat untuk memastikan klaim dapat segera diproses dan dibayarkan. Harapan kami, pembayaran klaim ini dapat meringankan beban nasabah sekaligus menjadi bukti nyata komitmen kami dalam memberikan perlindungan yang optimal,” ungkap Jimmy Wilson Wunas selaku Pimpinan Cabang Asuransi Sinar Mas Denpasar.
Pembayaran klaim ini mendapatkan apresiasi dari nasabah yang merasa terbantu dengan kecepatan pembayaran klaim Asuransi Sinar Mas.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas karena saya merasa sangat terbantu. Proses klaim yang dilakukan Asuransi Sinar Mas juga cepat sekali, hanya dua hari sejak pengajuan klaim mobil dimasukkan sampai keputusan keluar. Kecepatan dalam pembayaran klaim ini tentu saja sangat meringankan kami yang kendaraannya terdampak banjir. Selain itu, saya juga berharap ke depannya, masyarakat bisa semakin menyadari akan pentingnya memiliki asuransi agar tidak panik ketika mengalami risiko seperti ini,” tutur W Eka Kusumajawa, nasabah PT Oto Multiartha.
“Terima kasih saya ucapkan kepada Asuransi Sinar Mas atas proses cepat yang diberikan kepada debitur-debitur kami yang terdampak musibah banjir pada 10 September lalu, yang cukup menjadi perhatian nasional. Kami sangat mengapresiasi Asuransi Sinar Mas karena seluruh debitur yang terdampak banjir sudah mendapatkan pembayaran klaim. Kecepatan Asuransi Sinar Mas dalam memproses klaim juga membuat para debitur merasa puas dengan pelayanan yang diberikan,” ujar I Gusti Made Ary Yudiantara, Branch Manager PT Oto Multiartha cabang Denpasar.
Sehubungan dengan kejadian banjir yang melanda Wilayah Bali, Asuransi Sinar Mas sampai dengan tanggal 23 September 2005, telah menerima 18 laporan klaim asuransi kendaraan bermotor dan 3 laporan klaim property yang liable.
Risiko banjir merupakan salah satu risiko yang tidak dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor dan juga Polis Standar Asuransi Kebakaran. Nasabah harus membeli perluasan jaminan banjir jika ingin dijamin. Namun demikian Asuransi Sinar Mas, memiliki produk asuransi kendaraan, Simas Mobil Exclusive yang sudah dilengkapi dengan jaminan banjir dan angin topan serta jaminan tambahan lainnya seperti kerusuhan, huru hara, bengkel authorized hingga layanan Emergency Roadside Assistance.
Untuk asuransi rumah dan ruko, juga terdapat asuransi Simas rumah hemat ++ dan simas ruko yang memberikan jaminan lengkap termasuk pilihan perluasan jaminan banjir.
Pembayaran klaim akibat bencana seperti ini bukanlah yang pertama kali dilakukan Asuransi Sinar Mas. Asuransi Sinar Mas senantiasa hadir mendampingi nasabah dalam menghadapi masa-masa sulit akibat berbagai peristiwa besar di Indonesia, mulai dari Gempa Yogyakarta tahun 2006, Gempa Padang 2009, Gempa Palu 2018, hingga banjir besar di awal tahun 2020.
Konsistensi ini mencerminkan komitmen Asuransi Sinar Mas untuk terus melindungi nasabah dan meringankan beban finansial mereka saat menghadapi bencana. (id09)