Intel Core Ultra Mengantarkan Era PC AI

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); Apa yang Baru: Hari ini di acara “AI Everywhere”, Intel meluncurkan prosesor mobile Intel® Core™ Ultra yang menghadirkan konsep baru dalam efisiensi daya, komputasi kelas dunia dan kinerja grafis, serta pengalaman PC AI terbaik1 untuk platform mobile dan hingga ke edge. Tersedia di seluruh dunia melalui jalur distribusi offline dan online mulai hari ini, prosesor mobile Intel Core Ultra baru ini akan mendukung lebih dari 230 PC AI pertama dunia dari para mitra, di antaranya Acer, ASUS, Dell, Dynabook, Gigabyte, Google Chromebook, HP, Lenovo, LG, Microsoft Surface, MSI and Samsung.

“Peluncuran prosesor Intel Core Ultra merepresentasikan skala dan kecepatan tak tertandingi Intel dalam menghadirkan AI pada PC. Pada tahun 2028, PC AI akan mencapai 80% dari seluruh pasar PC2 dan bersama dengan ekosistem besar mitra hardware dan software kami, Intel berada di posisi terbaik untuk menyediakan komputasi generasi berikutnya.”
Michelle Johnston Holthaus, Intel executive vice president dan general manager, Client Computing Group

Intel Core Ultra Mengantarkan Era PC AI
Michelle Johnston Holthaus, Intel executive vice president dan general manager, Client Computing Group

Mengapa ini Penting: Baik bekerja, belajar, streaming, gaming atau menciptakan sesuatu saat dalam perjalanan, orang membutuhkan performa dan baterai yang lebih besar untuk PC mereka, sekaligus memanfaatkan sepenuhnya kemampuan AI yang semakin banyak tersedia di sistem operasi dan aplikasi. PC AI merepresentasikan generasi baru personal computer untuk memenuhi permintaan ini. Dengan kemampuan akselerasi AI khusus di semua arsitektur central processing unit (CPU), graphics processing unit (GPU) dan neural processing unit (NPU), Intel Core Ultra adalah prosesor client yang paling berkemampuan AI dan hemat daya dalam sejarah Intel.

Pengalaman PC AI ini sekuat software yang mendukungnya. Sebagai bagian dari program AI PC Acceleration, lebih dari 100 vendor software independen (independent software vendors/ISVs) dan lebih dari 300 fitur AI terakselerasi akan dioptimalkan secara unik untuk prosesor Intel Core Ultra – tiga kali lebih banyak aplikasi dan kerangka kerja AI dibandingkan vendor silicon pesaing manapun.

Di luar PC, Intel Core Ultra juga menyediakan akselerasi AI hemat daya di edge, sehingga mendukung beban kerja visual besar dan mendorong inovasi di seluruh jajaran pasar vertikal termasuk layanan kesehatan, ritel dan manufaktur.

Apa yang Dilakukannya: Intel Core Ultra adalah prosesor pertama yang dikembangkan dengan teknologi proses Intel 4 dan mewakili perubahan arsitektur terbesar Intel dalam 40 tahun. Prosesor ini menggunakan teknologi kemasan mutakhir Foveros 3D, sehingga memungkinkan hak intelektual canggih sejalan proses-proses mutakhir untuk mengoptimalkan performa dan kemampuan. Arsitektur Performance-core (P-core) baru menghadirkan instructions per cycle (IPC) yang lebih baik. Dan Efficient-core (E-core) baru dan Efficient-core (LP E-core) berdaya rendah memberikan performa multi-threaded yang skalabel hingga 11% lebih tinggi dibandingkan pesaing dalam menyediakan komputasi CPU terdepan untuk jenis PC ultrathin. 4

Intel Core Ultra menawarkan Intel® Arc™ GPU3 terintegrasi yang dilengkapi hingga delapan Xe-core, Xe Super Sampling (XeSS) berbasis AI, dukungan DX12 Ultimate, dan performa grafis hingga dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. 5 GPU ini mencakup dukungan untuk fitur grafis modern termasuk ray tracing yang dipercepat dengan hardware, mesh shading, encode dan decode AV1, HDMI 2.1 dan DisplayPort 2.1 20G.

NPU terbaru Intel, dengan merek Intel® AI Boost, dibangun dengan tujuan untuk menangani beban kerja AI yang butuh waktu lebih lama, dengan daya rendah, dan ia melengkapi AI yang ditangani di CPU dan GPU, yang memungkinkan efisiensi daya 2,5 kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.6

Keluarga prosesor baru ini juga menawarkan
Hingga 16 core (6 P-core, 8 E-core, 2 LP E-core), 22 thread dan Intel® Thread Director generasi berikutnya untuk penjadwalan beban kerja optimal.
Frekuensi turbo maksimal hingga 5,1 gigahertz (GHz).
Hingga 64 gigabyte (GB) LP5/x dan kapasitas memori maksimal hingga 96 GB DDR5.
Fitur-fitur nirkabel terdepan, termasuk Intel® Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi dan dukungan untuk Intel® Wi-Fi 77 (5 Gig) terpisah untuk kecepatan multi gigabit di lebih banyak lokasi, respons seperti kabel dan keunggulan yang sangat besar.
Software Intel® Killer™ untuk optimasi koneksi yang cerdas dan prioritas trafik jaringan untuk aplikasi gamer dan creator.
Intel® Bluetooth® LE Audio untuk memberikan pengalaman PC sonic yang rendah daya, imersif dan high fidelity dan dukungan untuk kemampuan baru Bluetooth® Auracast™ untuk pengaturan audio penyiaran, berbagi audio pribadi, dan aksesibilitas yang lebih baik untuk alat bantu dengar dan layanan dengar dengan bantuan baru.
Kecepatan koneksi sangat cepat 40 gigabit per detik (Gbps) dengan Thunderbolt™ 4 menyediakan koneksi PC ke beberapa monitor 4K, penyimpanan cepat dan aksesoris lain.
Dukungan toolkits  OpenVINO™ dengan perubahan kode minimal dan deteksi perangkat otomatis meningkatkan performa AI dengan merutekan beban kerja ke mesin komputasi yang benar dan alur kerja yang sederhana dengan ONNX and ONNX Runtime untuk inferensi yang lebih cepat.

Tentang Intel Evo Edition yang didukung Intel Core Ultra: Laptop edisi Intel® Evo™ terus memberikan pengalaman laptop terbaik secara keseluruhan dengan performa mobile tanpa kompromi, kolaborasi antara kecerdasan dan pengalaman multi perangkat melalui Intel® Unison™. Laptop edisi Intel Evo terbaru akan menampilkan badge baru dan menawarkan:
Performa yang lebih dingin, lebih senyap, dan daya respon
Efisiensi daya yang lebih baik untuk daya baterai sesungguhnya lebih dari 10 jam di desain full high-definition. 9
Aktif kembali secara instan dan pengisian baterai cepat.
Efek video yang ditingkatkan, termasuk Windows Studio Effects.
Kamera kualitas tinggi berpadu dengan metrik kamera VCX.
Fitur premium Intel Unison baru memperluas fungsi PC ke tablet atau telepon apa saja.
Minimum sertifikasi EPEAT silver untuk desain PC yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.
Software konektivitas Intel® untuk optimasi koneksi yang cerdas dan prioritas trafik jaringan untuk produktivitas, kolaborasi dan hiburan pengguna standar.

Selain itu, program Engineered for Intel Evo memastikan aksesoris memenuhi persyaratan ketat performa untuk pengalaman PC yang lancar tanpa hambatan. Tahun ini, program tersebut menambah daftar mitra industrinya untuk menghadirkan Bluetooth LE Audio dan aksesoris alat bantu dengar, dock Thunderbolt, monitor, penyimpanan, headset Bluetooth, mouse, keyboard dan titik akses.

Apa Selanjutnya: Perangkat konsumen yang didukung oleh prosesor mobile Intel Core Ultra tersedia mulai hari ini, yang akan disusul oleh perangkat komersial dibangun di platform Intel vPro®.

Lebih banyak konteks: Intel Core Ultra Processors (Press Kit) | AI Everywhere (Event Press Kit) | AI Everywhere news release | Intel’s ‘AI Everywhere’ Event (Event Replay)

Cetak Kecil
1 Berdasarkan kompatibilitas luas, opsi software ekstensif, arsitektur unik dan performa luar biasa prosesor Intel® Core™ Ultra untuk menyediakan pengalaman AI terbaik secara keseluruhan, termasuk perbandingan dengan prosesor kompetitor (per Desember 2023). Fitur AI mungkin membutuhkan pembelian tambahan atau persyaratan kompatibilitas khusus. Lihat intel.com/performanceindex untuk rincian lebih lanjut. Hasil bisa bervariasi.
2 Sumber: Boston Consulting Group.
3 Berdasarkan rilis peta jalan software AI publik dan/atau komen dari AMD, Qualcomm dan Intel per 9 September 2023.
4 Per Desember 2023, di antara prosesor yang mendukung sistem ultrathin ((<28W processor base power, tanpa GPU terpisah), berdasarkan perkiraan SPECrate*2017_int_base (n-copy) Intel® Core™ Ultra 7 165H, termasuk perbandingan dengan 13th Gen Intel® Core™ i7-1370P (dengan compiler ICX 2023.2.3), AMD Ryzen 7 7840U (dengan compiler ICX 2023.2.3), Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3 (dengan compiler 1.1.8 clang 14), & Apple M3 (dengan compiler menggunakan Xcode 15, gfortran 12.1.0); per Desember 2023. Performa berbeda berdasarkan penggunaan, konfigurasi dan detail lainnya.
5 Berdasarkan performa Intel Core Ultra 7 165H dengan Intel Arc GPU bawaan. Rincian lebih lanjut di intel.com/performanceindex.
6 Seperti yang diukur oleh Perf/Watt berdasarkan benchmark UL Procyon AI saat menjalankan model int8 di Intel Core Ultra 7 165H NPU vs. Intel Core i7-1370P GPU. Kunjungi www.intel.com/PerformanceIndex untuk beban kerja dan konfigurasi. Hasil bisa bervariasi.
7 Meskipun Wi-Fi 7 kompatibel dengan generasi sebelumnya, fitur Wi-Fi 7 yang baru mengharuskan PC dikonfigurasi dengan solusi Intel Wi-Fi 7, pengaktifan vendor, dukungan sistem operasi, dan penggunaan dengan router Wi-Fi/APs/gateways 7 yang sesuai. 6 GHz Wi-Fi 7 mungkin tidak tersedia di semua wilayah. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.intel.com/content/www/us/en/products/docs/wireless/wi-fi-7
8 Berdasarkan fitur unik desain Intel Evo seperti Intel® Core™ Ultra CPU berperforma tinggi, komponen premium, kompatibilitas tak tertandingi, dan solusi konekivitas terbaru dalam desain yang inovatif dan halus (per Desember 2023). Semua desain dengan merek Intel Evo harus memenuhi persyaratan untuk pengalaman pengguna mobile kunci seperti responsif dan durasi baterai; performa perangkat individual bisa berbeda. Lihat www.intel.com/Performance-Evo untuk informasi lebih lanjut.
9 Berdasarkan durasi jam hidup baterai desain Intel Evo sesungguhnya yang sudah terverifikasi saat menjalankan tugas pada umumnya dalam lingkungan yang realistis dan skenario penggunaan sehari-hari. Hasil sistem individual mungkin bervariasi. Lihat www.intel.com/Performance-Evo untuk detailnya.( Relis)

Intel Core Ultra Mengantarkan Era PC AI

Tentang Intel
Intel (Nasdaq: INTC) adalah pemimpin industri, menciptakan teknologi pengubah dunia yang mendukung kemajuan global dan memperkaya hidup. Terinspirasi oleh Hukum Moore, kami terus bekerja untuk memajukan desain dan manufacturing semikonduktor untuk menjawab tantangan terbesar pelanggan kami. Dengan menyematkan kecerdasan ke dalam cloud, jaringan, edge dan setiap jenis perangkat komputasi, kami melepaskan potensi data untuk mentransformasi bisnis dan masyarakat untuk menjadi lebih baik. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai inovasi Intel, kunjungi newsroom.intel.com dan intel.com.

  • Bagikan