Internalisasi Budaya K3, Pelindo Grup Gelar Berbagai Kegiatan

  • Bagikan
Internalisasi Budaya K3, Pelindo Grup Gelar Berbagai Kegiatan
Direktur Utama SPMT, Yon Irawan memimpin Apel Pembukaan Peringatan Bulan K3 Nasional yang dilaksanakan di area lapangan shorebase Pelabuhan Belawan, pada Jumat (12/01)

MEDAN (Waspada): Menyambut Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang dicanangkan pemerintah dan diperingati mulai tanggal 12 Januari – 12 Februari setiap tahunnya di seluruh Indonesia, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menggelar berbagai kegiatan menarik untuk insan SPMT dan Pelindo Group serta masyarakat luas.

Mengusung tema Safety Culture for SPMT Future, diawali dengan pelaksanaan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional di area lapangan shorebase Pelabuhan Belawan pada Jumat, 12 Januari 2024 dipimpin oleh Direktur Utama SPMT, Yon Irawan yang diikuti oleh Karyawan SPMT maupun Pelindo Grup.

Dalam apel, Yon Irawan menyampaikan arahan Menteri Ketenagakerjaan Indonesia yang menyatakan bahwa salah satu kunci penting dari Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3 yang baik. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja.

“Budaya K3 diharapkan dapat diinternalisasi secara mendalam oleh semua pekerja, sehingga bisa menekan angka kecelakaan kerja yang dapat berdampak negatif. Bekerja di pelabuhan yang berdampingan dengan peralatan-peralatan yang berbahaya, sehingga seluruh pekerja harus berkonsentrasi penuh terhadap aspek keselamatan. Hal itu merupakan bekal awal untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 di lingkungan kerja,” tutur Yon Irawan.

Dalam rangka menumbuhkan budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, SPMT menggelar rangkaian Bulan K3 Nasional yang terdiri dari kegiatan yang meningkatkan awareness K3, challenge dan competition yang dapat diikuti oleh karyawan Pelindo Grup maupun eksternal. Selain itu, apel ini juga dilaksanakan di seluruh branch dan anak Perusahaan di lingkungan SPMT Grup.

Internalisasi Budaya K3, Pelindo Grup Gelar Berbagai Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan awareness budaya K3 meliputi healthy talk, PORTCast, Tertib Safety Patrol, Cek Kesehatan Gratis, Simulasi Safety Drill, Forum Diskusi Metaplan, dan donor darah.
Serangkaian lomba juga turut digelar dalam peringatan Bulan K3 Tahun 2024 ini, mulai dari lomba infografis K3, lomba foto dan video kreatif terkait edukasi K3 berhadiah jutaan rupiah yang bisa diikuti oleh masyarakat umum.

Terkait itu, Direktur SDM SPMT Edi Priyanto menjelaskan, peringatan Bulan K3 Tahun 2024 ini berbagai kegiatan yang diselenggarakan SPMT bukan hanya melibatkan insan Pelindo Grup, juga melibatkan masyarakat umum.

“Meskipun bagi insan SPMT penerapan prinsip K3 sudah dijalankan sebagai standar kerja di operasional pelabuhan, namun momentum Bulan K3 Tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk menggaungkan semangat Budaya K3 agar lebih masif lagi,” jelas Edi.

Menurut Edi, penting meningkatkan kesadaran atas penerapan budaya K3 agar keselamatan dan kesehatan pekerja terjamin sehingga produktivitas dan efisiensi operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 sehingga lebih sadar terhadap keselamatan dan kesehatan di kawasan Pelabuhan yang dikelola SPMT.

“Komitmen SPMT dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun untuk eksternal juga merupakan wujud implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam Transformasi & Standarisasi Operasi Pelabuhan yang berpegang pada 6 pilar transformasi yakni Proses Bisnis, Teknologi, Peralatan, SDM, Infrastruktur, dan HSSE,” pungkas Edi.(m20)

Internalisasi Budaya K3, Pelindo Grup Gelar Berbagai Kegiatan
  • Bagikan