Scroll Untuk Membaca

Ekonomi

Januari – Agustus 2025, KAI Bandara Catat Pertumbuhan Penumpang Signifikan

Januari – Agustus 2025, KAI Bandara Catat Pertumbuhan Penumpang Signifikan
PT Railink selaku operator KAI Bandara mencatatkan kinerja positif sepanjang delapan bulan pertama tahun 2025 dengan jumlah penumpang yang mencapai 4,6 juta orang.
Kecil Besar
14px

MEDAN (Waspada.id): PT Railink selaku operator KAI Bandara mencatatkan kinerja positif sepanjang delapan bulan pertama tahun 2025 dengan jumlah penumpang yang mencapai 4,6 juta orang.

Angka ini menunjukkan pertumbuhan signifikan dibandingkan periode yang sama tahun 2024 yang mencatat 3,6 juta penumpang. Lonjakan ini menegaskan tren positif minat masyarakat terhadap moda transportasi kereta bandara yang menawarkan kecepatan, kenyamanan, serta ketepatan waktu.

Kontributor terbesar pertumbuhan penumpang datang dari Medan. Tercatat, layanan KAI Bandara di wilayah ini berhasil mengangkut 2,7 juta penumpang sepanjang Januari hingga Agustus 2025. Angka tersebut melonjak tajam dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 1,7 juta penumpang.

Peningkatan signifikan ini terutama terlihat pada layanan KA Srilelawangsa relasi Medan–Kualanamu yang naik dari 314 ribu penumpang di tahun 2024 menjadi 1,1 juta penumpang di tahun 2025.

Sementara itu, layanan KA Srilelawangsa relasi Medan–Binjai juga tetap menjadi favorit masyarakat dengan capaian 1,7 juta penumpang, meningkat dari 1,4 juta penumpang di tahun sebelumnya.

Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan masyarakat yang semakin besar terhadap layanan KAI Bandara, khususnya di Medan.

“Pertumbuhan penumpang ini mencerminkan bahwa KA Srilelawangsa semakin diterima sebagai moda transportasi andalan masyarakat, baik untuk perjalanan menuju bandara maupun mobilitas harian di perkotaan. Kenaikan signifikan di Medan juga menjadi bukti bahwa integrasi transportasi publik yang baik akan memberikan dampak positif terhadap pilihan masyarakat dalam bertransportasi,” ungkap Porwanto.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa PT Railink akan terus berkomitmen menghadirkan layanan yang prima serta meningkatkan konektivitas transportasi di kawasan perkotaan maupun bandara.

“Kami akan terus berinovasi dan memastikan bahwa kereta bandara dapat menjadi solusi mobilitas modern yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat. Ke depan, kami juga akan fokus pada penguatan layanan serta pengembangan jaringan agar KAI Bandara semakin relevan dan menjadi pilihan utama pengguna transportasi publik,” tambahnya.

Dengan pencapaian ini, KAI Bandara optimistis dapat menutup tahun 2025 dengan kinerja yang semakin solid dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan transportasi berbasis rel di Indonesia, khususnya dalam mendukung kelancaran akses menuju bandara dan kawasan perkotaan.

PT Railink juga menghimbau para penumpang untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal guna memastikan ketersediaan tempat duduk. Penumpang juga diingatkan untuk memilih jadwal keberangkatan KA Bandara dengan waktu yang cukup sebelum penerbangan minimal 2 jam sebelum keberangkatan penerbangan domestik dan 3 jam sebelum keberangkatan penerbangan Internasional. (id09)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE