Scroll Untuk Membaca

Ekonomi

Layanan KA Srilelawangsa Catat Pertumbuhan Penumpang Hingga 81%

Layanan KA Srilelawangsa Catat Pertumbuhan Penumpang Hingga 81%
PT Railink mencatat pertumbuhan signifikan pada jumlah penumpang layanan Kereta Api Srilelawangsa selama periode Januari hingga September 2025. Berdasarkan data operasional, total pengguna layanan KA Srilelawangsa pada dua relasi, yakni Medan– Bandara Kualanamu dan Medan hingga Kualabingai, mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Kecil Besar
14px

MEDAN (Waspada.id): PT Railink mencatat pertumbuhan signifikan pada jumlah penumpang layanan Kereta Api Srilelawangsa selama periode Januari hingga September 2025. Berdasarkan data operasional, total pengguna layanan KA Srilelawangsa pada dua relasi, yakni Medan– Bandara Kualanamu dan Medan hingga Kualabingai, mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada relasi Medan–Kualanamu (MDN–KNM), jumlah pelanggan meningkat dari 499 ribu penumpang pada Januari hingga September 2024 menjadi 1,1 juta penumpang pada periode yang sama tahun 2025, atau tumbuh sekitar 131%. Sementara itu, pada relasi Medan–Binjai-Kuala Bingai, jumlah penumpang naik dari 1,6 juta menjadi 1,9 Juta, atau meningkat sekitar 17% dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, total pengguna layanan KA Srilelawangsa sepanjang Januari–September 2025 mencapai lebih dari 3 juta penumpang, meningkat dari sekitar 2,15 juta penumpang pada periode yang sama di tahun 2024. Peningkatan ini mencerminkan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan mobilitas harian yang aman, nyaman, dan efisien di wilayah Medan dan sekitarnya.

Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry Nugroho, menyampaikan bahwa capaian positif ini tidak terlepas dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“Kami terus berkomitmen memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat, sekaligus mendukung konektivitas antar wilayah melalui layanan yang terjangkau dan tepat waktu,” ujarnya.

Peningkatan jumlah penumpang ini juga sejalan dengan komitmen PT Railink dalam mendukung mobilitas berkelanjutan dan mendorong peralihan masyarakat dari kendaraan pribadi ke transportasi publik. Dengan terus melakukan peningkatan kualitas layanan, Railink optimistis tren pertumbuhan ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2025. (id09)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE