Meutya Hafid: UMKM Harus Mampu Berkembang Lewat Media Digital

  • Bagikan
Meutya Hafid: UMKM Harus Mampu Berkembang Lewat Media Digital

MEDAN (Waspada): UMKM menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia, dan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi negara sangat tergantung pada kesuksesan dan ketangguhan UMKM.

Meutya Hafid selaku narasumber dalam Seminar Literasi Digital bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Maju” baru-baru ini mengatakan, para pelaku UMKM diharapkan mampu lebih mengembangkan usahanya, terutama dengan menggunakan media digital.

“Hal ini dikarenakan hampir semua orang di belahan dunia, termasuk Indonesia sudah memasuki era digital, sehingga akan sangat membantu perkembangan UMKM, apabila para pelaku UMKM mulai mentransformasikan bisnisnya menjadi bisnis digital,” ujar Meutya Hafid.

Ketua Komisi I DPR RI tersebut juga mengatakan bahwa UMKM yang semakin banyak di Indonesia dapat membuat perekonomian negara menjadi semakin kuat.

“Perkembangan UMKM akan membuat posisi UMKM di Indonesia menjadi semakin Tangguh, dan tentunya hal ini juga akan berdampak baik bagi perkembangan perekeonomian nasional,” ujarnya.

“UMKM yang kuat akan membuat dananya bergulir, banyak penjual dan pembeli, terjadi perputaran uang yang baik, maka akan muncul ekonomi yang sehat,” sambungnya.

Fadli Umam selaku Tokoh Masyarakat Tebing Tinggi, menyetujui pendapat Meutya Hafid tentang UMKM yang perlu semakin berkembang, sehingga nantinya akan tercipta UMKM yang kuat dan perekonomian yang maju, salah satunya dengan memanfaatkan dunia digital.

“Alasan perlunya UMKM untuk bisa menggunakan media digital, yaitu untuk meningkatkan kapasitas atau cakupan penjualan, pemanfaatan sebagai media promosi dan jasa logistik yang terintegrasi dengan e-commerce yang baik, dan membuat konsumen senang karena dapat memilih produk dengan harga yang bersaing secara cepat tanpa harus keluar rumah,” katanya.

Ayu Safitri selaku Owner AyuShop Tebing Tinggi, menyetujui pendapat Fadli Umam dan Meutya Hafid bahwa digitalisasi untuk UMKM sangat penting.

“Pengembangan UMKM agar semakin kuat di era digital dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan levelnnya. Contohnya seseorang yang awalnya hanya pedagang UMKM kaki lima, sekarang mampu merambat dengan strategi-strategi kelas brand professional,” ujarnya.

“Hal yang dibutuhkan untuk berjualan secara digital, yaitu menciptakan dan mengenalkan branding dengan visual produk yang menarik di media sosial, bekerjasama dengan para selebgram, melakukan giveaway sebagai promosi ke masyarakat, dan tentukan marketplace atau e-commers yang memudahkan pembeli,” sambungnya. (m31)

  • Bagikan