Negara Dapat Dana Segar Dari Dividen BTN Sebesar Rp420 Milliar

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Negara mendapat suntikan dana segar dari dividen PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk, sebesar Rp420 miliar. Pembagian tersebut bagian dari dividen tunai tahun 2024 yang sebesar Rp700 miliar.

Dalam RUPS yang diselenggarakan hari ini, Rabu (6/3/2024) pemegang saham menyetujui membagikan Rp700,19 miliar atau 20% dari laba bersih untuk dividen pada 2024 atas kinerja tahun lalu.

“Atau Rp49,89136 per saham yang akan dibagikan dalam bentuk dividen kepada pemegang saham,” kata Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu setelah RUPS.

Dengan besaran dividen ini, maka pemerintah akan menerima sekitar Rp420,11 miliar sebagai pemilik 60% saham BTN, sedangkan sisanya akan menjadi hak pemegang saham publik.

Saham BTN sendiri pada perdagangan hari ini ditutup menguat ke level Rp1.385 per lembar. Dengan level harga ini, maka dividen yield BTN mencapai 3,6%.

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Bank Tabungan Negara (BTN) yang digelar pada hari ini juga memutuskan untuk merombak pengurus perseroan.

Dalam RUPS terdapat perubahan pada jajaran komisaris, yaitu masuknya Adi Sulistyowati menjadi Komisaris Independen dan Bambang Widjanarko sebagai Komisaris BBTN.

Sebagai informasi, Adi Sulistyowati sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BNI yang kemudian diberhentikan secara hormat pada RUPST BNI pada Senin (3/4/2024) setelah habis periode kepemimpinannya.

Adi ditunjuk menjadi Komisaris Independen BTN untuk menggantikan Mohamad Yusuf.Permana, yang diusulkan menjadi Komisaris BNI.

Kemudian, Bambang Widjanarko diangkat menjadi komisaris menggantikan Alm. Ahdi Jumhari Luddin.

Di sisi direksi, terdapat satu direktur baru, yaitu Muhammad Iqbal sebagai Direktur SME dan Retail Funding. Sebelum RUPST ini, jabatan tersebut tidak ada.

Di sisi direksi, terdapat satu direktur baru, yaitu Muhammad Iqbal sebagai Direktur SME dan Retail Funding. Sebelum RUPST ini, jabatan tersebut tidak ada.

Dengan demikian, usai RUPST hari ini, BTN memiliki 11 posisi direktur. Selain itu, posisi direktur lainnya tidak mengalami perubahan. (J03)

Negara Dapat Dana Segar Dari Dividen BTN Sebesar Rp420 Milliar
Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *