Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas didampingi Kadis Pariwisata Odi Batubara menerima audiensi Ketua Ketua Astindo Sumut, Tengku Feria Aznita, bersama pengurus Astindo, di Balai Kota, Senin (20/10). Waspada/Ist
MEDAN (Waspada.id) : Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas berharap event Astindo Sumut Travel Exchange (ASTEX) 2025 dapat memperkenalkan Kota Medan melalui Gastronomy Experience hingga wisatawan mancanegara mencicipi kuliner khas Medan.
“Bikin ASTEX 2025 menarik, kenalkan Medan melalui Gastronomy Experience. Buat paket wisata untuk menggaet wisatawan seperti Paket Wisata Kuliner dengan memperkenalkan makanan Medan yang enak-enak dan paket wisata olahraga dimana sarana olahraga di Kota Medan sudah sangat menarik, seperti Kebun bunga dan Cadika,” ungkap Rico Waas saat menerima audiensi Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sumut, Tengku Feria Aznita bersama pengurus Astindo, di Balai Kota, Senin (20/10).
Gelaran Astindo Sumut Travel Exchange (ASTEX) 2025, yang disambut baik dan didukung Pemkot Medan, Rico Waas berharap Kota
Medan yang merupakan Ibukota Sumatera Utara, dikenal sebagai surga kuliner dengan berbagai makanan khas yang lezat seperti Nasi Padang, Lontong dan Soto Medan, serta Mie Aceh.
Rico Waas menambahkan dengan Gastronomy Experience, wisatawan dapat mencicipi makanan khas Medan dan menikmati suasana kota yang ramah dan bersahabat dari pagi hingga malam hari, di lokasi lokasi yang menjadi favorit seperti, Tip Top Restaurant, Wajir Seafood, Warung Sate Shinta, Restoran Taman Palm, dan lainnya.
“Kita perkenalkan makanan di Medan, Saya ingin kota Medan ini menjadi kota kuliner nomor satu di Indonesia”, ucap Rico Waas didampingi Kadis Pariwisata Odi Batubara.
Rico Waas meminta agar event ASTEX 2025 ini dikemas menarik agar dapat menggugah wisatawan baik lokal ataupun Mancanegara yang datang ke Kota Medan.
Menurut Rico Waas, Kota Medan memang tidak memiliki wisata alamnya, dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba atau sekitarnya. Namun yang perlu diketahui jika untuk mengetahui life style sudah pasti Kota Medan.
“Kita harus berani mempromosikan potensi pariwisata di Kota Medan. Untuk event ASTEX 2025 nantinya kita dapat menawarkan souvenir yang memiliki nilai historisnya seperti Cerutu Tembakau Deli dan minyak Karo”, pungkas Rico Waas.
Sebelumnya Ketua Astindo Sumut, Tengku Feria Aznita, menyampaikan
Astindo Sumut Travel Exchange (ASTEX) adalah acara business-to-business (B2B) yang diadakan oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) di Medan, yang bertujuan mempertemukan agen perjalanan lokal dengan mitra nasional dan internasional.
“Forum business-to-business (B2B) yang menghubungkan travel agent lokal dengan mitra nasional dan internasional untuk mempromosikan pariwisata, khususnya Sumatera Utara termasuk Kota Medan,” katanya.
Menurutnya, event ini akan digelar pada 3 November 2025 di Selecta Convention Hall Medan dan akan dihadiri 120 buyers dari berbagai negara.
“Pelaku Pariwisata Mancanegara berupa Tour Operator sebanyak 120 Perusahaan datang ke Kota Medan dan akan mempromosikan kota Medan. harapannya akan meningkatkan kunjungan wisata dari negara lain ke kota Medan,” Tengku Feria Aznita.