Sambut Jamu Jadi Warisan Budaya Tak benda UNESCO Tolak Angin Luncurkan Budaya Sumba Timur Ke Mancanegara

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada):Menyambut Peresmian budaya sehat jamu menjadi Warisan Budaya Takbenda [WBTb] oleh ENESCO, Tolak Angin Sido Muncul meluncurkan iklan pariwisata dengan memperkenalkan budaya Sumba Timur ke mancanegara.

Sebelumnya Sido Muncul meluncurkan versi Tiga Wanita Hebat. Berbeda dengan sebelumnya, kali pengangkatan iklan budaya Sumba Timur melalui tayangan video musik persembahan dari Tolak Angin pada Jumat, 8 Desember 2023.

Sambut Jamu Jadi Warisan Budaya Tak benda UNESCO Tolak Angin Luncurkan Budaya Sumba Timur Ke Mancanegara

Kepala Badan Pengawas Ibat dan Makanan [BPOM] Lucia Rizka Andalucia yang diwakili Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM, Anisyah sangat mengapresiasi peluncuran iklan Sido Muncul berlatar belakangan budaya Sumba Timur, terlebih lagi di barang syukuran pengakuan dari UNESCO bahwa jamu masuk WBTb.

“Kami mengharapkan kolaborasi dari berbagai pihak yang sinergis dalam memanfaatkan pengembangan bahan alami khususnya jamu, agar hadir secara inovasi ke tengah masyarakat untuk meningkatkan kesehatan,” kata Lucia yang dibacakan oleh Anisyah.

Sambut Jamu Jadi Warisan Budaya Tak benda UNESCO Tolak Angin Luncurkan Budaya Sumba Timur Ke Mancanegara

Dia mengatakan, pihaknya mendorong upaya terus menggali obat berbahan alami menjadi produk berdaya saing tinggi. Karena itu, BPOM ingin jamu Nusantara yang basis kearifan lokal dapat dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Sido Muncul Irwan Hidayat menceritakan Iklan yang dikemas melalui lagu “Stand by Me” dibawakan oleh para penyanyi bersuara emas yaitu Aurelie Moeremans, Sarah Fajira, dan Ahmad Abdul serta Veronica Tan yang memainkan alat musik Selo.

“Tadinya saya sering lihat-lihat Youtube, banyak pelantun lagu. Dari situ saya mengambil lagu populer tapi di latar belakangi budaya nusantara. Memang lagu barat dulu sebagai daya tarik, nanti akan saya masukkan ke Youtube lagu Indonesia,” jelas Irwan.

Menurutnya, pengambilan gambar dilakukan di Sumba Timur dengan menampilkan berbagai keindahan lokasi wisata yang ada disana mulai dari Pantai Laipori, Air Terjun Weekacura, Bukit Ndapayami, dan Kampung Adat Ratenggoro. Selain menampilkan lokasi waisata yang indah juga pembuatan kain tenun khas Sumba Timur.

Pada peluncuran iklan kali ini diawali dengan sarasehan mengenai wisata yang ada di Indonesia khususnya Sumba Timur bersama, Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif – Kementerian/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, M.Neil El Hilman dan Andy F Noya yang juga merupakan salah satu Brand Ambassador Tolak Angin.

Hadir pada kesempatan ini Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Anisyah S.Si, Apt. MP, dan Wakil Direktur Marketing Sido Muncul Maria Reviani Hidayat.

Turut hadir Direktur PT Semarang Herbal Indoplant Roy Anton, Digital Head Sido Muncul Yana Kusuma Anggraini, dan Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat beserta jajaran direksi Sido Muncul lainnya Jonatha Sofjan Hidajat, Johan Hidayat yang mengikuti secara daring.

Irwan Hidayat berharap dengan diluncurkannya iklan musik yang menampilkan tempat-tempat yang indah yang ada di Sumba Timur dan ditayangkan di salah satu platform media sosial Youtube, akan dilihat di mancanegara, sehingga banyak orang diluar sana tertarik untuk berkunjung ke Indonesia, dan Tolak Angin Sido Muncul semakin dikenal didunia. (J03)

Sambut Jamu Jadi Warisan Budaya Tak benda UNESCO Tolak Angin Luncurkan Budaya Sumba Timur Ke Mancanegara
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *