JAKARTA, ( Waspada.id); Sebuah tim kuat yang mendorong kolaborasi dan inovasi di seluruh Asia Tenggara, mitra-mitra SEA CAN Alliance by COMCO Mundo bersatu mengusung visi yang terpadu untuk komunikasi yang bermakna, berdampak, dan terhubung secara regional.

Dalam foto (dari kiri) adalah Hana Budiono, Managing Director, Agrakom PR dari Indonesia; Rachel Syfargo, Vice President for Business Operations & Managing Director/Partner COMCO Southeast Asia – Filipina; Ampy Corpus, Managing Director & Business Administrator / Partner COMCO Southeast Asia Singapura; Ferdinand L. Bondoy, Interregional President & Group Chief Executive Director / Partner & Co-Founder COMCO Mundo League of Enterprises dan Koordinator Utama SEA CAN Alliance by COMCO Mundo; Sineenart Sinchai, Managing Director, 2COMMU dari Thailand; dan Lai Thuy Chi, Managing Director dan Founder, Chi Communications dari Vietnam.
Sebuah kekuatan baru dalam industri komunikasi di kawasan Asia Tenggara telah hadir dengan diluncurkannya Southeast Asia Communications Agencies Network Alliance (SEA CAN Alliance) by COMCO Mundo, sebuah jaringan agensi komunikasi independen yang dipersatukan oleh visi untuk menghadirkan inisiatif yang berwawasan, bermakna, dan berdampak melalui integrasi regional yang solid, keahlian lokal di setiap pasar, praktik terbaik di industri, serta kemampuan dalam menghadapi perubahan lanskap bisnis dan sektor terkait.
SEA CAN Alliance by COMCO Mundo menyatukan agensi-agensi terkemuka dari seluruh kawasan, termasuk Agrakom PR dari Indonesia yang dipimpin oleh Managing Director, Hana Budiono; Ink PR dari Malaysia yang dipimpin oleh Managing Director, Manimaran Ambalaghan; COMCO Southeast Asia – Filipina yang dipimpin oleh Vice President for Business Operations dan Managing Director / Partner, Rachel Syfargo; COMCO Southeast Asia – Singapura yang dipimpin oleh Managing Director dan Business Administrator / Partner, Ampy Corpus; 2COMMU dari Thailand dipimpin oleh Managing Director, Sineenart Sinchai; dan Chi Communications dari Vietnam dipimpin oleh Managing Director / Founder, Lai Thuy Chi. Secara keseluruhan, SEA CAN Alliance by COMCO Mundo dipimpin oleh COMCO Mundo League of Enterprises dengan Ferdinand L. Bondoy sebagai Interregional President dan Group Chief Executive Director / Partner & Co-Founder.
Interregional President dan Group Chief Executive Director / Partner & Co-Founder, COMCO Mundo League of Enterprises, sekaligus Koordinator Utama COMCO Mundo, Ferdinand L. Bondoy, memaparkan visi di balik aliansi tersebut dan advokasi One Southeast Asia
“Dengan SEA CAN Alliance, kami tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga menciptakan ekosistem yang menghubungkan keahlian lokal dengan sinergi regional, memperkuat keunggulan di industri komunikasi,” kata Bondoy, yang juga merupakan Koordinator Utama SEA CAN Alliance by COMCO Mundo. “Tujuan kami adalah memberdayakan agensi independen untuk tumbuh bersama, berbagi kekuatan, dan menghadirkan kampanye komunikasi kelas dunia yang berakar pada perspektif Asia Tenggara yang autentik.”
Melalui aliansi ini, SEA CAN Alliance by COMCO Mundo memungkinkan para anggotanya memanfaatkan wawasan dan kekuatan lokal sekaligus berkolaborasi lintas negara untuk menghadirkan strategi komunikasi yang mampu membangun koneksi bermakna dan menghasilkan dampak terukur di seluruh Asia Tenggara dan sekitarnya.
“Di Asia Tenggara yang semakin terhubung, tidak ada agensi yang dapat berjalan sendiri,” ujar Hana Budiono, Managing Director, Agrakom PR. “Melalui SEA CAN Alliance, kami dapat membantu klien memaksimalkan peluang regional sekaligus mengimplementasikan kampanye PR secara efisien di berbagai negara. Selain bisnis, penting juga bagi aliansi untuk mengusung isu-isu seperti keberagaman, inklusi, keberlanjutan, dan perubahan iklim, dengan memanfaatkan pemahaman mendalam kami akan setiap negara guna menciptakan dampak nyata bagi kawasan ini.”
Lanskap komunikasi dan pemasaran di Asia Tenggara berkembang pesat, didorong oleh transformasi digital, konvergensi budaya, serta meningkatnya kebutuhan akan narasi yang berfokus pada manusia. Terbentuk dari lingkungan dinamis tersebut, SEA CAN Alliance menyediakan kerangka kerja strategis untuk kolaborasi lintas negara, di mana setiap anggota menyumbangkan keahlian mengenai pasar masing-masing untuk membantu merek dan perusahaan menavigasi audiens yang kompleks dan nuansa budaya yang beragam.
“Bergabung dengan SEA CAN Alliance berarti kami memperluas peluang untuk membantu merek, masyarakat, dan komunitas berkembang melalui komunikasi yang bermakna,” kata Sinchai, Managing Director, 2COMMU. “Hal ini meningkatkan tujuan dan potensi kami, memungkinkan kami memberdayakan klien yang ingin menciptakan dampak di tingkat regional. Di luar pekerjaan yang kami lakukan bersama, kami juga antusias membangun persahabatan jangka panjang dengan para mitra yang memiliki visi dan misi yang sejalan.”
Dengan menghubungkan kekuatan kreatif dan strategis dari para anggotanya, SEA CAN Alliance by COMCO Mundo memungkinkan merek meningkatkan skala kampanye mereka secara regional melalui koordinasi yang baik, wawasan budaya yang mendalam, dan pemahaman atas keragaman Asia Tenggara—mulai dari pasar ramai di Bangkok dan Jakarta, pusat kreativitas di Ho Chi Minh City dan Kuala Lumpur, hingga pusat inovasi di Singapura dan Manila.
“Singapura berperan sebagai hub regional yang penting, dan SEA CAN Alliance memadukan keunggulan strategis dengan kreativitas,” ujar Corpus, Managing Director & Business Administrator / Partner, COMCO Southeast Asia – Singapura. “Melalui kolaborasi ini, kami dapat membantu klien menghadirkan kampanye lintas pasar yang relevan secara budaya, kuat secara strategi, dan berdampak di seluruh Asia tenggara.”
The SEA CAN Alliance by COMCO Mundo partners officially sign the Memorandum of Agreement, marking a collective commitment to advancing a unified Southeast Asian communications landscape.
Aliansi SEA CAN yang diprakarsai oleh COMCO Mundo secara resmi menandatangani Memorandum of Agreement, menandai komitmen bersama untuk mendorong terwujudnya lanskap komunikasi yang terpadu di Asia Tenggara.
Selain membangun kolaborasi bisnis dan kreativitas, SEA CAN Alliance by COMCO Mundo juga memperkuat advokasi regional melalui One Southeast Asia—sebuah inisiatif komunikasi yang berfokus pada identitas kawasan, keberlanjutan lingkungan, dan keterlibatan pemuda. Melalui kolaborasi dengan mitra media, influencer, content creator, dan storytellers lainnya, One Southeast Asia menghadirkan narasi yang menumbuhkan persatuan, tujuan bersama, dan apresiasi terhadap identitas bersama, sumber daya, lingkungan,serta pemberdayaan pemuda di kawasan ini.
“ASEAN menghadapi berbagai tantangan sosial dan lingkungan, mulai dari perubahan iklim hingga ketidaksetaraan,” ujar Lai, Managing Director dan Founder, Chi Communications. “Dengan mengangkat isu-isu ini, SEA CAN Alliance dapat membantu industri memimpin perubahan yang berarti sekaligus menjadi pionir dalam menangani tantangan tersebut di di seluruh kawasan.”
Para mitra SEA CAN Alliance by COMCO Mundo menunjukkan dukungan mereka bagi One Southeast Asia, yang mengusung identitas regional, keberlanjutan lingkungan, and keterlibatan pemuda di seluruh kawasan.
Advokasi ini menegaskan misi SEA CAN Alliance by COMCO Mundo untuk tidak hanya meningkatkan komunikasi di industri, tetapi juga memberikan kontribusi berarti dalam menangani isu-isu dan permasalahan di Kawasan ini.
“Dengan meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu seperti keberlanjutan lingkungan, pembangunan ekonomi, dan kesetaraan sosial, aliansi ini dapat memengaruhi kebijakan, menggerakkan sumber daya, dan menyatukan para pemangku kepentingan,” kata Ambalaghan, Managing Director, Ink PR. “Dukungan terhadap isu tersebut juga memperkuat kredibilitas kami, menarik mitra yang memiliki kesamaan visi, serta membangun kepercayaan, inovasi dan kolaborasi untuk membangun komunitas yang lebih tangguh.”
Seiring dengan terus berkembangnya lanskap komunikasi, SEA CAN Alliance by COMCO Mundo menjadi bukti nyata dari kekuatan sinergi di antara pemain independen, membuktikan bahwa dengan kolaborasi, kreativitas, dan tujuan bersama, agensi dapat membuat kisah-kisah Asia Tenggara menjangkau seluruh dunia.
“Kolaborasi antar kantor COMCO memungkinkan kreativitas lokal berkontribusi pada kampanye regional,” ujar Syfargo, Vice President for Business Operations dan Managing Director / Partner, COMCO Southeast Asia – Filipina. “Dengan memadukan wawasan lokal dan keahlian lintas negara, kami membantu merek terhubung secara autentik dengan audiens Asia Tenggara dan menciptakan dampak bermakna di seluruh kawasan.”
Untuk informasi lebih lanjut tentang SEA CAN Alliance by COMCO Mundo, kunjungi https://comcomundo.com/sea-can-alliance-by-comcomundo/ atau kirim email ke [email protected] untuk pertanyaan lebih lanjut.(id12)












