UMKM Nikah Mudah Project Tumbuhkan Kreativitas Anak-anak YPAC Medan

  • Bagikan
Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023 UMKM Nikah Mudah Project, Sewa Gaun Pengantin Medan menggali potensi dan kreativitas anak-anak penyandang disabilitas di YPAC Medan, Senin (4/12/2023).
Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023 UMKM Nikah Mudah Project, Sewa Gaun Pengantin Medan menggali potensi dan kreativitas anak-anak penyandang disabilitas di YPAC Medan, Senin (4/12/2023).

MEDAN (Waspada): Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2023 UMKM Nikah Mudah Project, Sewa Gaun Pengantin Medan menggali potensi dan kreativitas anak-anak penyandang disabilitas di YPAC Medan, Senin (4/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung di aula YPAC Medan Sumatera Utara ini, UMKM Nikah Mudah Project mengangkat tema “BRAVE: Because EveRyone is Able & creatiVE” dengan memberikan pelatihan dan kegiatan fashion show, makeup dan memayet.

Owner Nikah Mudah Project, Permata Sari Sikumbang didampingi CEO, Afdhal Taimullah Mustafa menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyemangati adik-adik istimewa kita untuk tampil menggali potensi yang ada dalam diri mereka. Karena biasanya anak-anak disabilitas ini ada rasa minder dibandingkan dengan anak lainnya.

“Jadi dengan adanya kegiatan ini kita ingin mengajak adik-adik penyandang disabilitas ini mempunyai rasa percaya diri, bahwa mereka juga bisa mengerjakan seperti anak lainnya,” ujar Permata Sari.

“Kegiatan kita ini memayet, makeup, dan fashion show anak-anak disabilitas tidak kalah berbakatnya walaupun mereka memiliki keterbatasan hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk tampil memukau bak peragawan – peragawati dalam kegiatan ini. Jadi kegiatan kita ini untuk menggali potensi diri adik-adik istimewa kita,” sambungnya.

Dia menyebutkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya melibatkan beberapa sponsor seperti Beauty Muslimah Indonesia, Sytah Makeup, Kartika Dewi MUA, Dwiesrianjani MUA, Dehijabstyle Make Up dan Anggun Decoration.

Sementara itu, Kepala Pusat Rehabilitasi Anak YPAC Medan yang juga Kepala Sekolah SLB C, Suratno SPd. MPsi mangatakan, kegiatan ini tentunya sesuatu yang disambut sangat positif dan penuh semangat. Karena dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Dalam konteks Peringatan Hari Disabilitas, kegiatan yang bekerjasama dengan UMKM Nikah Mudah Project ini tidak sekedar hura-hura, namun mereka punya konsep yang bisa dilakukan secara produktif oleh anak-anak.

Harapannya UMKM Nikah Mudah Project ini akan memberi support kepada anak-anak yang ada di YPAC ini dengan kegiatan memayet, makeup dan fashionshow, tentunya anak-anak semuanya bersemangat mengikuti sesuai dengan kemampuan bakatnya dan minatnya.

“Mereka punya keterbatasan tetapi di balik itu ada keistimewaan-keistimewaan yang harus digali dan ditingkatkan agar mereka juga bisa diketahui oleh masyarakat bukan dari sisi kekurangannya saja tapi mereka juga memiliki kelebihan dan keistimewaan,” ujarnya.

Menurutnya, itu perlu disosialisasi dan inilah salah satu wadah yang dibuat oleh UMKM Nikah Mudah Project bekerjasama YPAC Medan, tentunya harus disambut dengan baik. Masyarakat yang mau peduli dan masyarakat yang mau berpartisipasi membangun dan mengembangkan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penyandang disabilitas.

“Inilah anak-anak berkebutuhan khusus, inilah anak-anak disabilitas yang memiliki potensi bakat dan minat, perlu didorong, perlu disupport, perlu dibina oleh masyarakat luas agar mereka juga bisa menyalurkan potensi, bakat dan minatnya itu, agar produktif di masyarakat nanti,” harap Suratno.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB D, Sri Budi Ati SPd, kegiatan ini diikuti anak tingkat SMP dan SMA serta Layanan Khusus yang berjumlah sebanyak 42 anak.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya satu kali ini saja, tetapi di lain waktu punya kesempatan lagi untuk melakukan kegiatan serupa, tidak hanya di saat Hari Disabilitas,” harap Sri Budi Ati sembari tersenyum. (m31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *