Bartek Marszalek Terima Bendera Merah Putih Dari Presiden Jokowi

  • Bagikan
Bartek Marszalek Terima Bendera Merah Putih Dari Presiden Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo didampingi Menkomarves, Luhut Binsar Pandjaitan dan Founder H20 Racing, Nicolo Di San Germano foto bersama dengan juara seri pertama Formula1PowerBoat Lake Toba. Waspada/Ist

TOBA (Waspada): Selebrasi kejuaraan Formula1Powerboat Lake Toba seri pertama berlangsung di Podium Utama. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyerahkan Bendera Merah Putih dan piala kepada juara pertama seri pembuka F1Powerboat 2023, Bartek Marszalek dari Stromoy Racing.

Presiden juga menyerahkan piala kepada juara kedua, Sami Selio dari Sharjah Team dan juara ketiga, Erik Stark dari Victory.

Presiden Joko Widodo mengaku mengagumi event F1H2O yang masih pertama kali dia saksikan secara langsung.

“Saya bicara apa adanya ya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini. Dan kita harapkan event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah di sini, di Danau Toba ada F1 Powerboat,
di mandalika ada mlMoto GP, di Jakarta ada Formula-E. Nanti di Mandalika ada Superbike. Ini akan mentriger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” ujar Jokowi.

Ketika ditanyakan terkait potensi sport tourism sangat besar dan apakah ada event lain di Indonesia? Jokowi mengaku masih terus menjajaki, karena event akan membawa brand kuat seperti F1 ini sangat kuat.

“Kita juga ingin menarik Formula1 (balap mobil) masuk ke Indonesia. Mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan. Baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana,” imbuhnya.

Pasca event ini Jokowi mengharapkan akan terbentuk tim Indonesia untuk F1H2O dan MotoGP dan ikut bertanding. Event internasional rutin yang sudah berhasil diselenggarakan di Indonesia diharapkan mampu melahirkan pembalap-pembalap yang handal mewakili Indonesia.

Fasilitas yang masih terbatas pada penyelenggaraan event F1Powerboat Lake Toba ini dinilai Presiden sebagai event yang mampu mentriger pertumbuhan ekonomi. Tahun depan fasilitas akan membaik sejalan dengan bertumbuhnya dunia perhotelan, restoran, UMKM dan industri pariwisata lainnya.

Presiden Jokowi juga menyadari masih banyak yang perlu diperbaiki di wilayah Danau Toba ini, termasuk infrastruktur, terminal dan airport.

“Saya kira Semua butuh waktu, semua butuh proses. Tidak langsung bisa ujuk-ujuk. Ini ternyata jalannya kurang gede. Avron untuk parkir pesawat juga kurang besar. Baru ketahuan kalau ada event besar seperti ini,” pungkas Jokowi.

Selian itu, Jokowi juga ternyata memiliki pembalap favorit. Marit Stromoy satu-satunya pembalap perempuan mampu menarik perhatian Jokowi. Diketahui, selain pembalap, Marit Stromoy juga terkenal sebagai seorang musisi hebat di negaranya. Itu disampaikan Jokowi usai berbincang dengan pembalap asal Norwegia tersebut.

“Tadi ada cewek, ternyata dia juga seorang musisi hebat di negaranya,” pungkas Jokowi.(rg)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *